Ini Penyebab Bayi yang Diberi Susu Formula Lebih Rentan Alami Obesitas

Ini Penyebab Bayi yang Diberi Susu Formula Lebih Rentan Alami Obesitas

Kehadiran susu formula anak jelas sangat memudahkan para orang tua. Bagaimana tidak. Dengan susu formula, semakin mudah memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Susu ini juga bisa menjadi andalan saat si kecil tidak nafsu makan dan dikhawatirkan mengalami kekurangan gizi. Akan tetapi Anda juga harus tahu. Pemberian susu formula hanya boleh dilakukan setelah anak menginjak usia 1 tahun. Sangat tidak dianjurkan untuk memberikannya pada bayi, kecuali dalam kondisi-kondisi khusus. Salah satu risiko memberi susu formula terlalu dini adalah obesitas. Berikut penyebab bayi susu formula lebih rentan alami obesitas.

 

Kandungan Protein dan Lemak yang Tinggi

Susu formula anak tidak hanya mengandung nutrisi beragam saja. Dosis untuk setiap nutrisinya juga cukup tinggi. Misalnya saja protein dan lemak. Karena kandungan keduanya cukup tinggi, sangat mungkin bayi kelebihan kalori. Bahkan jika dibandingkan dengan bayi ASI, bayi susu formula ternyata mengonsumsi protein 70% lebih banyak. Produksi hormon insulin semakin terangsang. Hasilnya, lemak pun menumpuk.

 

Bayi Susu Formula Sangat Mungkin Mengonsumsi Susu Melebihi Kebutuhannya

Susu formula relatif lebih mudah dikonsumsi oleh bayi, terlebih jika Anda kurang memperhatikan jenis dot yang digunakan. Karena itu, sangat mungkin si kecil minum susu melebihi kebutuhannya. Ini berbeda dengan saat mengonsumsi ASI di mana bayi perlu berusaha lebih keras agar ASI bisa keluar. Meski ini bisa ditangani dengan mengganti jenis dot, pemberian susu formula anak pada bayi tetap perlu dihindari.

 

Meningkatkan Nafsu Makan Di Kemudian Hari

Bayi susu formula cenderung sensitif dengan leptin. Sebagai informasi, leptin adalah hormon yang mempengaruhi nafsu makan. Jadi jika si kecil sensitif dengan hormon yang satu ini, besar kemungkinan nafsu makannya di kemudian hari juga tinggi. Inilah yang membuatnya makan lebih banyak bahkan sampai berlebihan.

 

 

Mengingat dampaknya bagi kesehatan dan perkembangan bayi, sangat tidak dianjurkan untuk memberi susu formula pada bayi. Setelah menginjak usia 1 tahun, barulah si kecil boleh menerima susu selain ASI. Akan tetapi Anda tetap perlu memperhatikan takarannya. Dengan mengonsumsi susu formula seperti Susu Morinaga sesuai aturan, si kecil akan memperoleh manfaat terbaik dari susu.

 

 

 

Salam,

KALBE Store