Bayi Rewel? Ini 3 Cara Ampuh Mengatasinya


Bayi Rewel? Ini 3 Cara Ampuh Mengatasinya

Bayi Rewel? Ini 3 Cara Ampuh Mengatasinya

Punya bayi adalah hal yang menyenangkan tapi tak jarang bayi rewel sebagai ekspresi ketidaknyamanan dalam dirinya.

 

Karena bayi belum bisa bicara dengan jelas, menangis adalah salah satu komunikasinya. Sebagai orang tua, Anda harus tetap bersabar dan bersikap tenang. Ini cara-cara mengatasinya:

 

Menyusui Bayi

Bayi masih berumu 6 bulan ke bawah dan biasanya cara yang cepat adalah dengan langsung menyusuinya. Bisa jadi bayi sedang haus atau kelaparan. Perhatikan lagi jam menyusui bayi. Biasanya bayi diberi ASI (air susu ibu) setiap 3 jam sekali. Namun, terkadang memang bayi meminta lebih.

 

Jika memang menyusui sudah dilakukan terus menerus, tapi bayi masih rewel dan terlihat kehausan. Cek lagi bagaimana perlekatan bayi saat menyusu. Bila perlu, Bunda bisa berbagi tentang masalah yang dialami ke konsultan laktasi.

 

Peluk atau Gendong

Saat bayi rewel, orang tua bisa mencoba mendekapnya sambil menenangkannya. Beri pengertian bahwa Anda ada di sampingnya. Gendong bayi secara langsung juga bisa menjadi salah satu cara menenangkan bayi. Skin to skin antara orang tua dan bayi dapat menghasilkan hormon oksitosin yang menenangkan perasaan satu sama lain.

 

Bernyanyi “Nina Bobo”

Meninabobokan bayi juga merupakan cara untuk membuat bayi tenang. Bisa jadi ini karena bayi terbiasa mendengarkan kelembutan suara ibunya sejak di kandungan. Dengan meninabobokan, bayi akan bisa kembali tertidur nyenyak.

 

Pijat Lembut Bayi

Ketika bayi rewel, Anda para orang tua juga bisa memberikan pijatan lembut pada bayi. Pijatan lembut ini akan membuat bayi lebih rileks. Tapi, perhatikan bahwa memijat bayi itu berbeda dengan memijat orang dewasa. Anda bisa menggunakan baby oil untuk memberikan efek kelembutan di tubuh bayi. Penggunaan minyak ini juga aman bagi kulitnya yang masih sensitif.

 

Pilihan baby oil bayi yang sesuai dengan selera bisa langsung Anda cek di sini: https://www.kalbestore.com/ibu-bayi-anak/perawatan-bayi-dan-anak.html

 

 

Salam,

KALBE Store