Baru! Alat Tes Corona Menggunakan Air Liur dari KALBE

Baru! Alat Tes Corona Menggunakan Air Liur dari KALBE

Berbagai inovasi terus diluncurkan untuk mengatasi penyebaran virus corona, baik di dunia maupun di Indonesia. Salah satu yang ikut berpartisipasi adalah PT. KALBE Farma Tbk yang meluncurkan alat tes covid-19 InnoLAMP.

Metode tes menggunakan sampel air liur

 

Berbeda dengan alat tes lainnya, InnoLAMP menggunakan sampel dari air liur atau saliva untuk mendeteksi virus covid-19. Tentu penggunaan air liur sebagai sampel akan memberikan banyak keuntungan, seperti tidak menimbulkan rasa sakit.

 

tersedia tes corona melalui sampel saliva dari KALBE

 

Untuk metodenya sendiri, alat tes covid-19 yang dikembangkan oleh R&D KALBE ini menggunakan RT LAMP atau Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification.

Metode ini dapat mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus covid-19. RT LAMP merupakan tes molekuler yang termasuk dalam kategori NAAT atau Nucleic Acid Amplification Test untuk mendiagnosis covid-19 seperti yang tertera pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 01.07/MENKES/446/2021. 

Akterono D. Budiyati, IVD Division Research Manager Stem Cell and Cancer Institute mengatakan metode sampel melalui air liur memiliki kesamaan dengan RT-PCR dalam mendeteksi materi genetik virus.

Menurutnya, virus SARS-CoV-2 memiliki materi genetik yang berada pada bagian dalam. Sedangkan bagian luar virus dikelilingi oleh lapisan proteksi yang mampu dideteksi oleh Rapid Test Anti Gen. 

 

cara kerja alat tes covid menggunakan air liur dari KALBE

 

Teknologi tes molekuler yang diterapkan dalam tes melalui saliva ini mampu mendeteksi materi genetik lapisan proteksi tersebut. Hal ini terbukti dalam uji klinis yang dilakukan pada individu tanpa gejala covid-19, serta mendeteksi individu yang terinfeksi virus corona atau tidak. Bahkan alat tes covid-19 dengan sampel saliva ini juga dibandingkan dengan hasil tes dari RT-PCR yang merupakan standar baku.

Keakuratan alat tes covid-19 dengan saliva ini juga sama dengan hasil yang dilakukan oleh peneliti di Yale School of Public Health. Di mana mereka melakukan studi melalui 28 pasang swab nasofaring (hidung dan tenggorokan) serta saliva pada pasien rawat inap virus corona.

Dari hasil yang didapatkan, kadar virus pada saliva cenderung lebih tinggi daripada swab nasofaring. Jadi Anda tidak perlu ragu, karena hasilnya akan sebanding dengan tes PCR. 

 

Keuntungan alat tes corona menggunakan air liur

 

Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Sie Djohan berharap hadirnya alat tes covid-19 melalui sampel air liur dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Terutama dalam hal mendeteksi penyebaran virus corona di Tanah Air.

Tentu harapan itu juga diimbangi dengan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan alat tes covid-19 melalui sampel air liur berikut:

  1. Nyaman dan praktis. Tanpa rasa sakit, tidak memicu muntah, dan sensitif pada hidung.
  2. Akurat. Akurasi yang tinggi dengan spesifikasi 98% dan sensitivitas 94%
  3. Cepat. Hasil yang cepat, same day < 9 jam.
  4. Ekonomis. 
  5. Mendeteksi risiko penularan. Tes dengan sampel saliva juga bertujuan untuk mendeteksi apakah individu sedang terinfeksi covid-19 dan berisiko untuk menularkan virus tersebut pada orang lain. 

 

Selain 4 keuntungan di atas, terdapat beberapa perbedaan antara tes covid-19 menggunakan air liur dan PCR berikut:

  • Tes dengan sampel air liur dilakukan dengan cara meludah ke dalam satu tube yang sudah disterilkan sebelumnya. Tentu hal ini tidak memberikan kesulitan atau rasa sakit pada saat pengambilan sampel.
  • Alat yang digunakan hanya tabung steril sebagai wadah untuk mengoleksi spesimen. Hal ini membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar alat deteksi covid-19 lainnya.
  • Risiko penularan covid-19 antara pasien dengan tenaga kesehatan yang minim. Sebab pengambilan sampel dapat dilakukan secara mandiri, tanpa bantuan dari petugas kesehatan. 

 

Cara melakukan tes corona menggunakan air liur

 

Nah bagi Anda yang tertarik untuk melakukan tes corona menggunakan sampel air liur ini, tidak sulit lho! Anda bisa melakukan pemesanan melalui KALCare Outlet atau menghubungi layanan home service dengan menghubungi WhatsApp ke nomor 0822-1307-3850. 

 

cara mendapatkan tes covid-19 dari KALBE

 

Untuk layanan di Outlet KALCare, Anda perlu melakukan pemesanan dalam melakukan tes covid-19 dengan sampel air liur. Anda akan diberikan alat untuk mengambil ludah, dengan persyaratan tidak makan dan minum selama 30 menit sebelum pengambilan sampel. 

Biaya tes corona menggunakan air liur yang ditawarkan sebesar Rp 488.000. Tetapi saat ini, KALBE memberikan harga promo hanya Rp 400.000 sampai tanggal 31 Maret 2021. Hasil tes akan dikirimkan melalui email kepada Anda.

Jadi tunggu apalagi? Langsung saja coba tes corona menggunakan air liur dari KALBE sekarang ya! Selain untuk mendeteksi covid-19, dengan mengikuti tes ini, Anda juga mendukung inovasi karya anak Bangsa.

Jangan lupa untuk tetap menerapkan 5M dan menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi berbagai nutrisi sehat dari KALBE melalui KALCare dalam upaya pencegahan covid. Tersedia suplemen dan vitamin, nutrisi khusus, hingga alat kesehatan untuk mencegah penularan covid-19, hanya di KALCare E-Store

 

Salam,

KALCare

 

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3648634/kalbe-luncurkan-tes-covid-19-dengan-sampel-air-liur