Waspada! Berikut Beberapa Bakteri yang Dapat Mencemari Susu Formula


Waspada! Berikut Beberapa Bakteri yang Dapat Mencemari Susu Formula

Waspada! Berikut Beberapa Bakteri yang Dapat Mencemari Susu Formula

Keberadaan susu formula memang sangat membantu para orang tua dalam melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Selama diberikan dengan cara yang benar, manfaat tersebut bisa diperoleh. Tapi para orang tua juga harus waspada dengan berbagai jenis bakteri yang dapat mencemari susu formula, termasuk Susu Morinaga. Beberapa bakteri tersebut memang tidak akan banyak mengganggu kesehatan manusia yang memiliki kekebalan tubuh yang baik. Namun jika bakteri tersebut masuk ke tubuh anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, masalah yang cukup serius bisa saja dialami. Sebenarnya apa saja bakteri yang dapat mencemari susu formula? Berikut beberapa contohnya.

 

Streptococcus cremoris

Jenis bakteri ini lazim dijumpai pada susu, termasuk susu formula. Dalam jumlah sedikit, bakteri ini memberi dampak positif dengan menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan. Akan tetapi jika jumlah bakteri ini terlalu banyak, justru gangguan kesehatanlah yang diakibatkannya. Beberapa contoh masalah kesehatan yang bisa disebabkan bakteri ini antara lain radang tenggorokan, radang paru-paru dan radang amandel.

 

Staphylococcus aureus

Bisa dibilang ini adalah bakteri yang menjadi pemicu utama radang lambung. Bakteri ini bisa mencemari susu yang tidak diolah dengan baik, khususnya pada susu segar. Karena itu, proses pengolahan susu memang harus dilakukan steril agar kontaminasi dari bakteri ini tidak terjadi.

 

Enterobacter sakazakii

Inilah bakteri yang beberapa tahun lalu sempat menggemparkan masyarakat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor, ditemukan ada beberapa susu formula yang tercemar bakteri yang satu ini. Efeknya memang tidak terlalu berbahaya pada orang yang memiliki daya tahan tubuh baik. Namun bagi anak-anak yang masih rentan, bakteri ini bisa memicu gangguan kesehatan yang cukup serius.

 

 

Bakteri lain yang juga bisa dijumpai pada susu adalah Mycobacterium spp, Pseudomonas sp dan Serratia marcescens. Beberapa jenis bakteri tersebut memang tak selalu mencemari susu formula seperti Susu Morinaga dan lainnya. Meski demikian, orang tua tetap harus waspada. Bukan selalu dengan cara yang terlalu posesif, namun dengan bertindak cerdas dalam menyiapkan susu formula sebelum diberikan kepada si kecil. Saat memilih susu juga demikian. Carilah susu yang memang terjamin. Salah satunya adalah Susu Morinaga yang memang diproduksi dengan standar tinggi.

 

 

 

Salam,

KALBE Store