Bahaya Pemberian MPASI Sejak Dini


Bahaya Pemberian MPASI Sejak Dini

Bahaya Pemberian MPASI Sejak Dini

MPASI atau makanan pendamping ASI biasanya diberikan saat si kecil menginjak usia 6 bulan. Sebelum usia tersebut, bayi harus mendapatkan ASI eksklusif yang berarti tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman selain ASI. Bahkan memberikan air putih juga tidak direkomendasikan. Meski demikian, ada pengecualian untuk pemberian vitamin atau obat-obatan yang tentu saja dilakukan atas anjuran dokter. Sayangnya, tak sedikit ibu yang secara tidak sadar memberikan MPASI terlalu dini. Padahal jika hal tersebut dilakukan, justru dampak buruk yang akan diperoleh. Berikut ini adalah beberapa bahaya pemberian MPASI sejak dini.

 

Bayi Lebih Rentan Sakit

ASI adalah sumber nutrisi utama dan terbaik untuk bayi di bawah usia 6 bulan. Jika pada usia tersebut bayi diberi MPASI, maka sistem kekebalan yang biasa diterima melalui ASI akan berkurang. Akibatnya, bayi yang mendapat MPASI terlalu dini justru memiliki kecenderungan mudah sakit.

 

Reaksi Penolakan Akibat Pencernaan yang Belum Siap

Ada alasan kuat kenapa bayi baru boleh diberi MPASI saat menginjak usia 6 bulan. Alasan tersebut berkaitan dengan kondisi perncernaan bayi 6 bulan yang relatif lebih siap menerima makanan selain ASI. Jika makanan pendamping diberikan di usia dini, tubuh si kecil akan bereaksi seperti sering buang gas, sembelit hingga diare.

 

Resiko Alergi Makanan

Manfaat pemberian ASI secara cukup tak hanya terkait dengan nutrisi lengkap yang diperoleh si kecil. Memberi ASI eksklusif juga dapat menurunkan resiko alergi pada makanan. Hal seperti ini tentu tidak akan terjadi jika bayi mendapat asupan makanan lain sebelum menginjak usia 6 bulan. Pada usia tersebut, bayi masih dalam kondisi terbuka dan belum bisa memproduksi antibody sendiri. Jika sebelum usia 6 bulan bayi sudah diberi MPASI, resiko alergi makanan akan tumbuh.

 

Memilih MPASI juga harus dilakukan dengan cermat. Makanan pendamping yang bisa dikonsumsi bayi usia 6 bulan haruslah memiliki tekstur lembut dan tidak lengket. Jangan campurkan bumbu-bumbu yang terlalu banyak. Bahkan menambahkan garam dan gula juga sangat tidak dianjurkan. Setelah si kecil menginjak usia 1 tahun, sangat dianjurkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil melalui susu formula seperti Susu Morinaga.

 

 

Salam,

KALBE Store