Orang Tua Harus Tahu, Ini Bahaya Obesitas Pada Anak

Orang Tua Harus Tahu, Ini Bahaya Obesitas Pada Anak

Ada rasa senang dan gemas saat melihat anak yang gemuk. Postur tubuhnya yang lucu membuat siapa pun ingin mencubit pipinya yang berisi. Tapi terlalu gemuk juga tidak baik. Masalah kegemukan atau obesitas yang dialami oleh anak-anak juga bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya, kontrol terhadap asupan makanan dan susu formula memang harus diperhatikan. Tapi sebenarnya apa sih bahaya yang mengintai anak yang mengalami obesitas?

 

Terganggunya Sistem Imun

Ada hubungan yang menarik antara sistem imun anak dengan berat badannya. Pada anak-anak yang mengalami kegemukan, risiko inflamasi yang dialami si kecil bisa meningkat. Inflamasi yang terjadi ini kemudian bisa mempengaruhi otak dan suasana hati si kecil. Hingga pada akhirnya, sistem imunnya pun mulai terganggu.

 

Gangguan pada Pernafasan

Sudah menjadi rahasia umum kalau orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki masalah pada pernafasannya. Mereka sering merasa kesulitan bernafas. Anak-anak yang mengalami obesitas pun bisa mengalami hal yang sama.

 

Pola Makan Tidak Terkontrol

Obesitas memang kerap kali dikaitkan dengan makan berlebih. Anak yang mengalami masalah ini juga kerap mengalami kesulitan mengontrol pola makannya. Mereka bisa makan sangat banyak dan sering. Bahkan ia bisa minum susu formula dalam jumlah yang besar setiap harinya. Jika dibiarkan, kebiasaan ini akan berlanjut hingga ia dewasa.

 

Lebih Berisiko Terserang Penyakit Berbahaya

Sama halnya dengan anak yang terlalu kurus, anak yang terlalu gemuk juga cenderung rentan terhadap penyakit. Tidak tanggung-tanggung, penyakit yang mengintai pun terbilang berbahaya. Misalnya saja kanker, asma, darah tinggi hingga penyakit hati. Tidak berhenti di situ saja, obesitas yang disebabkan oleh makan dan minum susu formula berlebih juga bisa berpengaruh pada psikisnya.

 

 

Bahaya obesitas pada anak sangatlah nyata. Masalah ini juga tidak hanya dipicu oleh pola makan yang berlebihan. Faktor gen pun berpengaruh. Begitu pula dengan kebiasaan ibu hamil selama melalui masa kehamilan. Ibu hamil yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih besar melahirkan bayi obesitas. Mengatur pola makan si kecil adalah salah satu cara efektif untuk mengontrol berat badannya. Pemberian susu formula juga demikian. Harus ada kontrol yang ketat. Ditambah dengan memilih susu formula bergizi seimbang seperti Susu Morinaga, risiko obesitas pada anak pun bisa ditekan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store