Waspada! Ini Bahaya Merokok Pasif Bagi Ibu Hamil

Waspada! Ini Bahaya Merokok Pasif Bagi Ibu Hamil

Semua orang tentu sudah tahu tentang bahaya merokok. Bahayanya bahkan bisa jauh lebih serius saat dilakukan pada masa kehamilan. Terus bagaimana kalau tidak merokok namun hidup di lingkungan perokok? Mungkin ada sebagian dari Anda yang menganggap bahwa bahayanya pada janin tidak akan seburuk jika sang ibu yang merokok. Sayangnya, risiko perokok pasif ternyata tidak lebih ringan dari risiko yang dihadapi oleh perokok pasif. Bahkan meski Anda tetap menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat seimbang dan minum susu ibu hamil sekalipun, risiko di bawah ini bisa Anda dan janin Anda alami.

 

Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Karbon monoksida dan nikotin pada rokok bisa membuat peredaran oksigen ke janin terhambat. Begitu pula dengan asupan makanan yang dibutuhkan janin untuk perkembangannya. Karena itulah, bayi yang lahir dari ibu perokok aktif maupun pasif berisiko lahir dengan berat badan di bawah normal. Agar hal seperti ini tidak terjadi, menjauhi lingkungan perokok dan minum susu ibu hamil bisa menjadi solusi yang cukup ampuh.

 

Sindrom Kematian Bayi Mendadak

Jika ada hal yang paling ditakutkan oleh para ibu hamil, hal tersebut pastilah keguguran. Namun selain keguguran, sebenarnya masih ada satu gangguan kesehatan lagi yang risikonya hampir sama, yakni sindrom kematian bayi mendadak. Risiko ini semakin tinggi jika sang ibu menjadi perokok aktif. Meski demikian, menjadi perokok pasif juga tidak lebih baik.

 

Bayi Lahir Cacat

Selain berisiko lahir dengan berat badan rendah, paparan asap rokok yang berkelanjutan juga bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Ketidaksempurnaan ini bisa berupa cacat pada bagian kaki, tengkorak, otot ataupun jantung.

 

Bayi Lahir Prematur

Kelahiran prematur tidak sekedar lahir lebih cepat dari yang seharusnya saja. Bayi yang lahir terlalu cepat cenderung lebih rentan penyakit. Berat badannya juga di bawah normal. Untuk menghindari risiko ini, menjauhi lingkungan yang tidak sehat dan menjaga asupan makanan harian harus dilakukan. Selain itu, ada baiknya Anda juga minum susu ibu hamil untuk membantu lengkapi kebutuhan harian.

 

Selama hamil, Anda memang harus benar-benar menjaga kesehatan. Periksa kondisi kehamilan secara teratur. Jika butuh susu hamil yang bergizi seimbang, Susu Prenagen bisa jadi pilihan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store