Bahaya Memberi Susu Formula Terlalu Dini


Bahaya Memberi Susu Formula Terlalu Dini

Bahaya Memberi Susu Formula Terlalu Dini

Susu formula kerap menjadi andalan dalam memberi nutrisi terbaik kepada si kecil. Kandungan nutrisinya yang begitu kaya dinilai mampu mengoptimalkan pertumbuhan anak. Tapi jangan salah dalam memahami hal tersebut. Pemberian susu formula tetap ada aturannya. Ada juga batas usia yang harus diperhatikan. Jika memberikan susu formula terlalu dini, yang terjadi justru bisa sebaliknya. Bukan manfaat kesehatan yang diperoleh lagi namun justru masalah kesehatan yang muncul. Bahaya berikut ini juga bisa mengancam anak yang terlalu dini memperoleh susu formula.

 

Meningkatkan Risiko Alergi

Makanan apapun selain ASI sebenarnya tidak dianjurkan untuk bayi usia 0-6 bulan. Bahkan untuk makanan berbentuk cair seperti susu formula juga demikian. Sifatnya yang dibuat dari bahan dasar susu sapi bisa memicu reaksi alergi. Efek jangka panjangnya, anak jadi tumbuh dengan alergi tertentu, khususnya alergi pada susu sapi.

 

Kandungan Kimia di Dalamnya Bisa Berbahaya Bagi Bayi

Susu formula tidak 100% alami terbuat dari susu sapi ataupun soya. Ada campuran bahan kimia di dalamnya. Bahan kimia inilah yang membuat susu jadi lebih awet. Kandungan nutrisinya yang kaya juga tidak sedikit yang diperoleh dari campuran bahan kimia tersebut. Pencernaan bayi yang masih belum sempurna bisa saja memberi reaksi negatif pada kandungan tersebut. Hasilnya, pertumbuhannya bisa terganggu. Bahkan daya tahannya terhadap serangan penyakit juga bisa berkurang.

 

Dapat Mengganggu Pencernaan Bayi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pencernaan bayi belumlah sempurna. Ia masih belum bisa mencerna berbagai jenis makanan. Hanya ASI saja yang dapat dicerna dengan baik. Susu formula sendiri juga mengandung kasein yang sulit untuk dicerna. Itulah kenapa susu ini sangat berisiko mengganggu pencernaan bayi hingga mengakibatkan diare.

 

 

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari susu formula, orang tua harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memberikannya. Waktu yang direkomendasikan adalah saat si kecil sudah menginjak usia 1 tahun. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan varian usianya. Pilih yang sesuai dengan usia si kecil. Satu hal lagi yang juga tidak kalah penting, selalu pilih susu yang telah teruji. Susu Morinaga bisa menjadi contoh yang tepat untuk itu.

 

 

 

Salam,

KALBE Store