Bahaya Memberi MPASI Lewat dari 6 Bulan

Bahaya Memberi MPASI Lewat dari 6 Bulan

Bahaya memberi makanan pendamping ASI atau MPASI terlalu dini memang nyata adanya. Akan tetapi memberi makanan pendamping lewat dari 6 bulan ternyata juga tak kalah bahaya, bahkan bisa mengganggu pertumbuhan si kecil dan memicu gangguan kesehatan lain. Meski demikian, mungkin ada beberapa diantara Anda yang belum tahu apa bahaya memberi MPASI lewat dari 6 bulan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa bahayanya.

 

Mengganggu Pertumbuhan Anak

Saat si kecil menginjak usia 6 bulan, biasanya konsumsi ASI akan mulai berkurang. Dari yang sebelumnya banyak mengandalkan ASI sebagai sumber makanan utama, kini si kecil perlu makanan pendamping agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi. Jadi bisa dibayangkan, jika si kecil tidak diberi MPASI pada usia ini, ia akan kekurangan gizi. Akibatnya, pertumbuhannya juga akan terganggu.

 

Risiko Kekurangan Zat Besi

Sumber zat besi bayi usia 6 bulan adalah MPASI. Dari makanan pendamping inilah kebutuhan zat besinya terpenuhi. Karena itu, makanan pendamping ASI sebaiknya mengandung zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan si kecil setiap harinya. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, si kecil bisa mengalami Anemia Defisiensi Besi atau ADB.

 

Kekurangan Gizi

Sebagian besar nutrisi bayi usia 6 bulan memang masih dicover ASI. Meski demikian, ada beberapa makronutrien dan mikronutrien yang hanya bisa dilengkapi dengan MPASI. Terlambat memberikan MPASI bisa mengganggu asupan nutrisi tersebut. Jika kondisi ini berlangsung untuk waktu yang cukup lama, bayi bisa menderita kekurangan gizi.

 

Memberi MPASI lewat dari 6 bulan juga bisa menghambat fungsi motorik anak. Selain itu, anak yang tidak mendapatkan MPASI tepat waktu juga cenderung menolak berbagai makanan di kemudian hari. Memberi makan pendamping ASI sebenarnya juga menjadi ajang memperkenalkan si kecil dengan makanan selain ASI. Momen seperti ini tentu tidak boleh dilewatkan. MPASI yang diberikan hendaknya juga kaya akan nutrisi. Untungnya, kini ada banyak makanan pendamping yang tak hanya kaya nutrisi namun juga mudah diolah. Milna adalah salah satu contohnya. Karena didesain untuk anak usia 6 bulan ke atas, makanan pendamping ini juga dijamin aman untuk si kecil.

 

 

 

Salam,

KALBE Store