Hati-Hati, Ini Bahaya Kelelahan Bagi Ibu Hamil


Hati-Hati, Ini Bahaya Kelelahan Bagi Ibu Hamil

Hati-Hati, Ini Bahaya Kelelahan Bagi Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil diwajibkan untuk menjaga kondisi kesehatannya baik dengan mengonsumsi makanan sehat ataupun minum susu ibu hamil. Aktivitas fisik juga harus dijaga. Meski tubuh membutuhkannya, ada batasan yang tidak boleh diabaikan. Kelelahan bisa memicu banyak masalah bagi ibu dan janin. Setidaknya, bahaya berikut bisa muncul akibat aktivitas fisik yang terlalu berlebihan.

 

Pembengkakan pada Area Kaki

Dengan beban berat yang ditanggung oleh ibu hamil, aktivitas fisik yang terlalu berlebihan bisa memberi beban berlebih pada kaki, terlebih di trimester kedua dan ketiga. Kaki bisa membengkak karenanya. Untuk itu, jangan terlalu memaksakan diri. Jika sudah lelah, istirahat.

 

Meningkatkan Risiko Pendarahan

Entah karena pekerjaan rumah yang banyak atau karena tuntutan pekerjaan yang masih cukup tinggi, kelelahan bisa menyebabkan munculnya bercak darah. Jika dibiarkan dan tetap dipaksakan, kondisi ini bisa semakin parah hingga memicu pendarahan.

 

Memicu Kontraksi

Bahaya kelelahan yang tidak boleh diabaikan oleh ibu hamil adalah kontraksi. Kondisi ini bisa muncul akibat aktivitas fisik yang terlalu berat, entah itu olahraga berat atau mengangkat beban berat. Jika terlalu dipaksakan, perut akan terasa mengencang hingga mengakibatkan kontraksi dini.

 

Persalinan Dini

Mengingat risiko kelelahan yang bisa memicu kontraksi, sangat mungkin jika kondisi ini juga meningkat hingga ke persalinan dini. Persalinan dini seperti ini tidak hanya berisiko. Bayi yang dilahirkan juga lebih rentan penyakit karena pada dasarnya belum sepenuhnya siap untuk dilahirkan.

 

Meningkatkan Risiko Keguguran

Mungkin inilah risiko kelelahan yang paling banyak ditakuti oleh ibu hamil. Tidak peduli seberapa baik Anda menjaga asupan makanan atau seberapa teratur Anda minum susu ibu hamil, semua itu tidak akan mengurangi risiko keguguran jika Anda tetap melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

 

 

Meski ibu hamil tetap dianjurkan untuk menjaga aktivitas fisiknya, tetap ada batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar. Melanggar batasan tersebut hanya akan mengancam keselamatan ibu dan janin. Jadi jangan terlalu memaksakan diri. Konsumsi makanan sehat dan susu ibu hamil. Dengan perpaduan antara gaya hidup sehat dan Susu Prenagen, kondisi kesehatan ibu dan janin akan lebih terjamin.

 

 

 

Salam,

KALBE Store