Jangan Berlebihan, Ini Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Masa Kehamilan


Jangan Berlebihan, Ini Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Masa Kehamilan

Jangan Berlebihan, Ini Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Masa Kehamilan

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Kebutuhan vitamin pun juga sama. Berbagai vitamin seperti vitamin A, C dan D juga harus dipenuhi demi menjaga kondisi kesehatan sang ibu dan janin. Akan tetapi, tetap ada batasan. Vitamin atau mineral yang terlalu banyak justru bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Begitu pula dengan vitamin A. Vitamin yang satu ini bisa diperoleh dari makanan pokok ataupun suplemen. Susu ibu hamil juga bisa menjadi salah satu sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Namun jika konsumsinya terlalu berlebihan, bahaya berikut ini bisa saja Anda alami.

 

Kerusakan Hati dan Limpa

Vitamin A tidak bisa larut dalam air. Jika dikonsumsi secara berlebihan, vitamin ini akan tertimbun di dalam hati. Hal ini bisa mengganggu fungsi hati. Jika kondisi ini berlangsung untuk waktu yang lama, kerusakan hati dan limpa menjadi tak terhindarkan.

 

Hilangnya Nafsu Makan

Kelebihan vitamin A ternyata juga bisa berpengaruh pada nafsu makan ibu hamil. Padahal, kebutuhan nutrisi ibu hamil cukup banyak. Jika kebutuhan tersebut tidak dipenuhi, bahaya tidak hanya mengintai sang ibu. Janin yang dikandung juga akan terganggu pertumbuhannya. Meski susu ibu hamil dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi ini, memenuhinya melalui makanan pokok masih tetap yang terbaik.

 

Menyebabkan Keguguran

Semakin tinggi tingkat kelebihan vitamin A, semakin tinggi pula risiko keguguran yang bisa dialami oleh ibu hamil. Ini bisa terjadi karena vitamin A yang terlalu berlebih justru menjadi racun bagi tubuh dan janin.

 

Bayi Cacat

Risiko bayi lahir cacat juga semakin tinggi pada ibu yang mengalami kelebihan vitamin A. Kondisi cacat ini bisa beragam seperti bibir sumbing, gangguan saluran kemih hingga gangguan pada jantung.

 

Kebutuhan vitamin A pada ibu hamil sebenarnya berada di angka 2.565 IU per hari. Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dari makanan sehat seperti sereal, hati ayam, daging, buah-buahan dan susu, termasuk susu ibu hamil. Sebagian besar kebutuhan tersebut sebenarnya bisa dipenuhi dari menu harian sehat dan beragam. Jika masih kurang, sebaiknya tambahkan saja susu hamil seperti susu Prenagen. Pilihan ini relatif lebih aman dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen khusus vitamin A.

 

 

 

Salam,

KALBE Store