Bahaya Kafein Untuk Penderita Diabetes


Bahaya Kafein Untuk Penderita Diabetes

Bahaya Kafein Untuk Penderita Diabetes

Mungkin ada sebagian dari Anda yang terbiasa mengonsumsi segelas atau dua gelas kopi setiap harinya. Selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, kafein yang terkandung dalam kopi memang bisa memberi dampak positif. Hanya saja ada batasan yang harus diketahui, khususnya bagi Anda yang menderita diabetes. Mengonsumsi kafein dalam jumlah yang tak terkontrol justru bisa memberi dampak negatif bagi tubuh. Tidak hanya meningkatkan gula darah pada penderita diabetes saja, konsumsi kafein berlebih juga bisa memicu masalah-masalah berikut ini.

 

Mengganggu Metabolisme Tubuh

Saat tubuh terbiasa menerima kafein dalam jumlah besar, maka produksi insulin dalam tubuh akan terganggu. Kinerja metabolisme tubuh pun melambat. Jika berlangsung untuk waktu yang lama, bukan hanya kegemukan saja yang mengancam. Gula dalam tubuh juga menumpuk semakin banyak.

 

Menghambat Penyerapan Glukosa

Mereka yang menderita diabetes memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari orang normal. Hal ini menyebabkan pankreas kesulitan dalam mengontrol hormon insulin. Jika Anda mengonsumsi kafein dalam jumlah besar, kerja pankreas akan semakin terganggu hingga berdampak pada meningkatnya gula dalam darah yang pada akhirnya menyumbat aliran darah.

 

Resistensi Insulin Meningkat

Saat tubuh terlalu banyak menerima kafein, lama-lama tubuh akan menjadi lebih toleran pada kafein dan gula. Kontrol terhadap gula darah pun menjadi terganggu. Itu semua akibat melemahnya hormon insulin dalam tubuh. Jika hal ini tidak segera diatasi, gula darah akan semakin meningkat. Diabetes pun menjadi lebih parah.

 

Sebenarnya tidak ada salahnya mengonsumsi kafein selama semua itu masih terkontrol. Jumlah maksimal kafein yang boleh masuk ke dalam tubuh setiap harinya adalah 400 mg. Jumlah tersebut tidak hanya berasal dari minuman berkafein seperti kopi atau teh. Makanan-makanan lain yang mengandung kafein juga berkontribusi di situ. Misalnya saja seperti cokelat atau obat-obatan yang mengandung kafein.

 

Kontrol ini tidak hanya terbatas pada membatasi kafein yang masuk ke dalam tubuh. Aktivitas fisik seperti olahraga juga dibutuhkan untuk membantu membakar kalori. Untuk membantu menjaga gula darah, konsumsi juga susu diabetes. Di sini, Diabetasol akan membantu Anda mengontrol kadar gula dalam darah.

 

 

 

Salam,

KALBE Store