Jangan Banyak Pikiran, Ini Bahayanya Bagi Ibu Hamil


Jangan Banyak Pikiran, Ini Bahayanya Bagi Ibu Hamil

Jangan Banyak Pikiran, Ini Bahayanya Bagi Ibu Hamil

Saat hamil, tuntutan untuk menjaga kesehatan semakin tinggi. Bukan hanya makan makanan sehat dan minum susu ibu hamil saja. Segala hal yang bisa mengganggu kesehatan juga harus dijauhi. Bahkan stres saja tidak boleh dibiarkan sampai berlarut-larut. Bagi ibu hamil, dampak yang ditimbulkan oleh stres bisa sangat serius. Dalam tingkatan tertentu, stres juga bisa menyebabkan keguguran. Namun itu hanyalah sebagian kecilnya saja. Berikut bahaya lain yang bisa ditimbulkannya.

 

Menghambat Penyerapan Nutrisi Pada Janin

Saat stres, tubuh ibu hamil akan mengeluarkan hormon norepinephrine dan epinephrine. Kedua hormon tersebut nantinya akan menekan tali pusar dan bisa mengganggu penyerapan nutrisi pada janin. Bukan hanya nutrisi saja yang terhambat. Aliran oksigen ke janin juga terhambat.

 

Mengganggu Perkembangan Otak Janin

Jika ingin anak Anda lahir dengan otak cemerlang, mulailah dengan mengontrol pikiran Anda sendiri. Stres saat hamil bisa mengganggu perkembangan otak sang janin yang tengah berkembang di usia kehamilan 17 minggu. Konsumsi cokelat atau minum teh untuk membantu menurunkan stres. Selain itu, minum susu ibu hamil.

 

Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh Si Kecil

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Brain, bayi yang lahir dari ibu hamil yang mudah panik dan stres cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Ia jadi mudah sakit. Tidak hanya itu saja. Risiko alergi yang mungkin dialami oleh sang bayi juga meningkat.

 

Bayi Lahir Prematur

Saat stres, produksi hormon kortisol pada ibu hamil akan meningkat. Padahal hormon ini juga berperan dalam menentukan waktu kelahiran si kecil. Dengan semakin banyaknya hormon kortisol yang diproduksi, risiko bayi lahir prematur akan semakin tinggi.

 

 

Begitu banyak bahaya yang ditimbulkan akibat stres selama masa kehamilan. Namun ibu hamil tentu tidak bisa mengontrol stres seorang diri. Peran pasangan dan keluarga juga penting. Selama kehamilan Anda juga perlu menjaga asupan nutrisi harian. Pastikan kebutuhan nutrisi ini terpenuhi melalui makanan bergizi dan susu ibu hamil. Bisa dibilang, susu hamil seperti Susu Prenagen inilah penyempurna menu makanan harian Anda.

 

 

 

Salam,

KALCare