Bagaimana Yogurt Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh?


Bagaimana Yogurt Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh?

Bagaimana Yogurt Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh?

Kandungan gizi dan bakteri baik, khususnya probiotik, yang terdapat di dalam yogurt berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya sistem pencernaan. Namun, bagaimana sebenarnya yogurt dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan kita? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

 

Yogurt merupakan susu yang telah difermentasi dengan menggunakan bakteri, sehingga menghasilkan asam laktat. Asam laktat tersebut menjadikan tekstur yogurt menyerupai gel, dan menghasilkan aroma yang khas.

 

Nah, sekarang kita cari tahu yuk, kandungan gizi yang bisa kita temukan dalam makanan yang memiliki citarasa asam-manis segar ini. Yogurt mengandung nilai gizi yang tinggi, seperti kalori, protein, karbohidrat, kalsium dan potassium. Kadarnya bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan susu segar, lho. Namun, kandungan lemak di dalamnya lebih rendah. Makanya, yogurt lebih disarankan untuk dikonsumsi mereka yang sedang menjalani program diet, dibandingkan susu.

 

Kandungan gizi yang tinggi pada yogurt tersebut mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk mencegah hipertensi, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengatasi jerawat, serta memelihara kesehatan kulit. Selain itu, kandungan probiotik di dalamnya juga telah terbukti menyehatkan mikroflora di dalam usus, serta mencegah kolonisasi bakteri patogen yang mungkin masuk ke dalam usus melalui makanan yang kurang steril. Bakteri asam laktatnya pun mampu mengurai kolesterol menjadi senyawa coprostanol yang tidak dapat diserap tubuh, dan akan dikeluarkan melalui kotoran. Jadi, yogurt baik bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Sebaiknya, Anda mengonsumsi yogurt dua kali sehari dengan takaran 400 ml, karena yogurt mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda sebesar 600 mg, sehingga baik juga untuk mencegah osteoporosis. Lebih jauh lagi, yogurt pun mampu mengurangi efek samping dari obat antibiotik yang membunuh bakteri baik dan patogen dalam usus, lho. Jadi, dengan mengonsumsi yogurt secara rutin dapat mengembalikan jumlah bakteri baik dalam usus menjadi normal. Plus, yogurt juga aman dikonsumsi oleh Anda yang mengalami ketidaktahanan (intoleransi) terhadap laktosa, karena dalam proses fermentasi yogurt, laktosa dalam susu telah didegradasi (dikurangi kadarnya), sehingga laktosa lebih mudah diserap oleh tubuh.

 

Begitu banyak manfaat yogurt untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Makanya, demi kesehatan Anda dan keluarga, jangan lupa untuk memasukkan yogurt ke dalam menu sajian atau camilan Anda sehari-hari, ya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store