Ayo Melangkah! Manfaat Kesehatan dari Berjalan Kaki

Ayo Melangkah! Manfaat Kesehatan dari Berjalan Kaki

Segudang manfaat kesehatan dapat Anda peroleh dengan cara yang mudah dan murah, yaitu berjalan kaki setiap harinya. Jika Anda membawa kendaraan ke kantor atau ke mana pun, Anda tetap dapat mengakalinya, seperti dengan memarkirkan mobil jauh dari pintu masuk. Semakin sering dan semakin jauh Anda berjalan, maka semakin banyak pula manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh.

 

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh melalui berjalan kaki:

 

1) Berjalan kaki setiap hari secara teratur telah terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Berjalan kaki secara rutin pun mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh, sekaligus meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Selain itu, menurut Stroke Association, berjalan kaki selama 30 menit dapat mencegah masalah, dan mengatur tekanan darah, yang dapat menyebabkan terjadinya stroke, serta mengurangi risiko penyakit stroke hingga 27%.

 

2) Studi yang dimuat dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa, berjalan kaki mampu menurunkan risiko penyakit diabetes hingga 60%. Bagi mereka yang aktif berjalan kaki, juga disinyalir memiliki risiko mengalami kanker usus besar, kanker payudara dan kanker rahim yang lebih rendah, dibanding sebayanya yang lebih jarang berjalan kaki.

 

3) Dengan berjalan kaki, Anda akan mampu mengontrol berat badan dengan lebih baik, karena untuk menjaga berat badan, seseorang perlu membakar 600 kalori setiap harinya. Jumlah itu bisa Anda dapatkan dengan berjalan kaki santai selama 60 menit. Selain itu, berjalan pun dapat meningkatkan massa otot dan tulang. Semakin besar massa otot yang dimiliki, maka semakin lancar pula proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh, sehingga semakin sukseslah program diet Anda.

 

4) Berjalan kaki pun mampu mencegah terjadinya penyakit dementia atau pikun berat hingga 40%. Seseorang yang berjalan kaki sepanjang 6 mil atau lebih seminggu mampu mengurangi terjadinya kerusakan otak, dan meningkatkan fungsi memori.

 

5) Osteoporosis pun dapat dicegah melalui berjalan kaki, karena kegiatan ini dapat menstimulasi dan meningkatkan kekuatan tulang, sekaligus meningkatkan kepadatan tulang.

 

6) Jika Anda memilih berjalan kaki di lingkungan terbuka yang memungkinkan Anda terpapar sinar mentari langsung, selain mendapatkan manfaat kesehatan dari berjalan kaki, secara bersamaan Anda juga meningkatkan kadar vitamin D di dalam tubuh, yang merupakan salah satu bentuk nutrisi yang jarang didapatkan melalui makanan, namun dapat diperoleh melalui proses sintesis dan paparan sinar matahari. Namun, jangan lupa menggunakan tabir surya agar terhindar dari risiko kanker kulit, ya.

 

 

Salam,

KALBE Store