Awas Osteoarthritis Pada Usia Muda

Awas Osteoarthritis Pada Usia Muda

Anda mungkin pernah merasa sakit di bagian sendi. Apalagi bagi Anda yang sering melakukan aktivitas dalam bekerja. Tidak hanya itu, sakit sendi juga dirasakan saat cuaca sekarang yang tidak menentu. Karena, bisa jadi penyakit tersebut adalah osteoarthritis.

 

 

 

 

 

 

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma dr Helmin Agustina Silalahi, menjelaskan arti osteoarthritis (OA). Menurutnya, osteoarthritis adalah jenis penyakit nyeri sendi akibat radang pada sendi. Radang sendi terjadi jika ada peradangan yang melibatkan keseluruhan sendi jaringan tulang rawan sendi, ruang antar sendi dan cairan sendi. Sendi sangat penting pada tubuh, karena sendi adalah semua persambungan tulang yang membuat tulang bisa bergerak ataupun tidak bergerak.

 

Gejala osteoarthritis meliputi rasa sakit dan kaku di bagian tangan, tulang punggung, lutut, dan pinggul. Namun, tidak menutup kemungkinan rasa sakit dan kaku juga terjadi di organ tubuh lain seperti di bagian paha. Tidak hanya sakit dan kaku, pembengkakan di bagian organ tubuh juga bisa termasuk gejala osteoarthritis.

 

Osteoarthritis bisa membuat penderita sulit untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Rasa sakit atau nyeri pada sendi biasanya akan muncul ketika sendi digerakkan. Rasa kaku juga akan terasa setelah organ tubuh Anda sudah lama tidak digerakkan.

 

Osteoarthritis dalam jangka panjang menyebabkan tulang rawan mengalami kerusakan secara perlahan-lahan. Tulang rawan adalah jaringan ikat yang berbentuk padat dan elastis. Jaringan ini melapisi ujung tulang pada persendian untuk melindungi tulang dari gesekan.

 

Usia di atas 45 tahun sebenarnya lebih mudah mengidap gejala osteoarthritis. Namun, tidak menutup kemungkinan usia muda juga bisa mengalami gejala osteoarthritis. Ada beberapa faktor yang diduga bisa memicu kondisi osteoarthritis menurut dr Helmin, di antaranya:

 

  1. Jenis kelamin terutama wanita.

  2. Adanya cedera pada sendi.

  3. Obesitas atau berat badan berlebih.

  4. Faktor keturunan.

  5. Memiliki kondisi arthritis lain, misalnya penyakit asam urat atau rheumatoid arthritis.

  6. Kondisi kekuatan otot paha. 

  7. Kondisi jaringan sendi.

  8. Banyaknya aktivitas saat kerja.

 

Itulah alasan mengapa dr Helmin, mengatakan penyakit osteoarthritis bukanlah penyakit orang tua. Alasannya, seringkali penyakit osteoarthritis menyerang pada orang dewasa yang masih aktif bekerja. Karena itu, radang sendi menjadi salah satu rintangan dalam beraktivitas bekerja di usia produktif bagi orang dewasa. 

 

Osteoarthritis memang tidak bisa disembuhkan. Namun, gejalanya masih bisa ditangani dengan langkah sederhana. Cara menangani gejala osteorthritis menurut dr Helmin dengan menurunkan berat badan bagi pasien yang mengalami obesitas dan rutin berolahraga agar tubuh tetap stabil. Tidak hanya itu, terapi fisik dan terapi okupasi bisa dilakukan bagi pasien yang sudah merasakan nyeri sendi yang parah. Gejala osteoarthritis juga bisa ditangani dengan alat khusus untuk membantu bagi Anda yang sulit berdiri atau berjalan karena gejala osteoarthritis.

 

Tidak lupa juga untuk Anda yang mengalami gejala osteoarthritis bisa mengonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya obat pereda rasa sakit atau obat anti inflamasi non-steroid. Anda bisa membeli dan mengonsumsi H2 Green Lipped Mussel. Karena, H2 Green Lipped Mussel memiliki kandungan utama yaitu glycosaminoglycan. Kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi tulang rawan terutama pada pasien osteoarthritis. H2 Green Lipped Mussel juga cocok bagi Anda yang mengalami gangguan sendi. Sehingga H2 Green Lipped Mussel mampu atasi bengkak dan nyeri pada sendi. 

 

 

 

 

 

 

Selain itu, ada kandungan asam lemak Omega-3 (PUFA) untuk anti peradangan yang akan mengatasi gejala akut dan menurunkan nyeri, serta kandungan glikogen complex untuk memperkuat efek anti peradangan sehingga gejala nyerinya cepat berkurang. Produk H2 Lipped Mussel sudah di analisa terbebas logam berat sehingga aman untuk dikonsumsi dan efektif untuk meredakan bengkak serta nyeri pada sendi. Anda bisa mendapatkannya H2 Green Lipped Mussel di sini.

 

Yuk langsung saja beli H2 Green Lipped Mussel. Anda juga bisa menikmati produk H2 lainnya di KALCare. Karena KALCare menjual suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik online.

 

 

 

 

Salam,

 

 

 

KALCare

 

 

 

Sumber:

 

detik.com

faktualnews.co