Aturan Memberi ASI Demi Mengoptimalkan Pertumbuhan Otak Si Kecil

Aturan Memberi ASI Demi Mengoptimalkan Pertumbuhan Otak Si Kecil

Susu formula memang kaya akan nutrisi dan membantu si kecil untuk tumbuh lebih optimal. Semua itu memang benar adanya. Akan tetapi harus diakui, ASI masihlah makanan terbaik untuk anak usia 0-2 tahun. Nutrisinya sangat kaya dan sesuai dengan kebutuhan si kecil. Meski pemberian makanan pendamping ASI diperolehkan untuk anak usia 6 bulan, makanan pendamping ini pun masih harus dipadu dengan ASI. Makanan pendamping yang boleh diberikan pun harus dilakukan dengan penuh pertimbangan.

 

Pemberian ASI Pada Si Kecil

Pada anak usia 0-6 bulan, ASI adalah makanan satu-satunya untuk anak. Inilah yang kemudian dikenal dengan istilah ASI eksklusif. Semua nutrisi yang dibutuhkan si kecil sudah terpenuhi hanya dengan memberikan ASI eksklusif. Aturan pemberian ASI ini sendiri tidaklah rumit. Sejak kelahirannya, sebaiknya berikan ASI secepatnya atau setidaknya satu jam setelah kelahiran. Hal ini dimaksudkan agar nantinya anak lebih terbiasa menerima ASI.

 

Selanjutnya, berikan ASI saat si kecil menginginkannya. Untuk yang satu ini, ibu memang harus bisa melihat tanda-tanda kapan si kecil merasa kehausan. Lama-kelamaan, bayi akan membangun kebiasaannya sendiri dan mulai membutuhkan ASI sesuai dengan ketersediaan ASI sang ibu. Pemberian ASI dengan pola seperti ini harus dilakukan hingga si kecil berusia 6 bulan.

 

Setelah menginjak usia 6 bulan, konsumsi ASI biasanya akan mulai berkurang. Pada waktu inilah ibu bisa memperkenalkan makanan pendamping ASI. Meski demikian, ASI sebaiknya masih diberikan hingga anak berusia 2 tahun.

 

Waktu yang Tepat Untuk Memberikan Susu Formula

Ada yang bilang bahwa pemberian susu formula sejak dini baik untuk pertumbuhan si kecil. Tapi ibu juga harus tahu bahwa pemberian susu formula ada aturannya. Susu formula sebenarnya termasuk makanan yang sulit dicerna oleh si kecil. Karena itu sangat tidak direkomendasikan untuk memberikan susu formula sebelum si kecil menginjak usia 1 tahun.

 

Pada usia 1 tahun, pencernaan si kecil akan lebih siap menerima susu formula. Manfaat yang ada pada susu ini pun akan terserap lebih baik. Namun untuk memperoleh manfaat terbaik dari susu formula, pastikan selalu untuk memilih susu yang telah teruji seperti susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store