Cara Mengatasi Anemia Selama Kehamilan dengan Susu Ibu Hamil dan Makanan Sehat Alami

Cara Mengatasi Anemia Selama Kehamilan dengan Susu Ibu Hamil dan Makanan Sehat Alami

Saat kehamilan adalah saat yang cukup riskan bagi calon ibu dan janinnya. Gangguan kesehatan tak hanya bisa mengganggu keduanya. Dalam beberapa kasus, resiko dan dampak yang bisa ditimbulkan juga lebih besar. 

Bahkan untuk penyakit seperti anemia, dampak yang diakibatkannya bisa lebih berbahaya bagi janin dan sang ibu. Lalu bagaimana cara mengatasi anemia selama kehamilan?

Beberapa jenis anemia memang harus diatasi dengan transfusi darah. Namun kasus seperti ini sebenarnya cukup jarang terjadi. Kasus yang paling banyak terjadi justru anemia karena kekurangan zat besi. Bisa dipastikan, penyebabnya karena kurangnya asupan gizi terutama beberapa nutrisi tertentu seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B12.

Apa Bahaya Anemia pada Ibu Hamil?

Anemia selama kehamilan sangat berbahaya bagi tumbuh kembang bayi dan kesehatan ibu. Faktanya, anemia selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur, berat badan lahir bayi yang rendah, pendarahan hebat pada ibu, bahkan kematian ibu dan bayi selama masa kehamilan.

Bahaya Anemia pada Ibu Hamil

Apa Penyebab Anemia pada Ibu Hamil?

Meskipun kejadian anemia ringan selama kehamilan banyak terjadi, hal ini  dapat menjadi masalah serius yang dapat membahayakan jika tidak segera ditangani. Hal itu dikarenakan, ibu yang mengalami anemia memiliki sel darah merah yang tidak mencukupi kebutuhan pasokan oksigen ke seluruh tubuh, yang dapat mengakibatkan terganggunya fungsi normal dari organ tubuh.

Padahal, selama kehamilan, normalnya volume darah akan meningkat hingga 45%, dan akan meningkatkan juga aliran darah ke dalam placenta untuk menjaga pertumbuhan janin agar tetap sehat. Kekurangan beberapa nutrisi ini digadang-gadang menjadi penyebab anemia yang utama pada ibu hamil.

Anemia Defisiensi Zat Besi

Banyaknya kejadian anemia karena defisiensi gizi ini dikarenakan minimnya cadangan zat besi sebelum kehamilan terjadi. Tipe anemia inilah yang menyebabkan berkurangnya produksi hemoglobin (protein yang bertugas untuk membawa oksigen dalam darah).

Anemia Defisiensi Asam Folat

Asam folat adalah vitamin yang sangat dianjurkan untuk dipenuhi sebelum dan selama kehamilan terjadi. Asam folat dapat mencegah munculnya cacat tabung saraf pada bayi yang tidak dapat disembuhkan di usia manapun. Asam folat juga berpengaruh terhadap metabolisme darah secara umum dalam tubuh.

Anemia Defisiensi Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu komponen utama dalam memproduksi sel darah merah. Oleh karena itu, kurangnya asupan vitamin B12 dapat berakibat terjadinya anemia pada seorang wanita, Biasanya anemia jenis ini muncul bersamaan karena defisiensi asam folat juga. Vitamin B12 biasanya terkandung dalam sumber protein hewani.

Berapa Peningkatan Kebutuhan Zat Besi, Asam Folat, dan Vitamin B12  Selama Kehamilan?

Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI di tahun 2019 menyebutkan peningkatan beberapa kebutuhan zat gizi termasuk  Zat Besi, Asam Folat, dan Vitamin B12 selama masa kehamilan, yang dapat Anda lihat sebagai berikut:

Prenagen Susu ibu hamil yang mengandung nutrisi lengkap untuk cegah anemia

  • Kebutuhan asam folat dalam sehari meningkat sebanyak +200 mcg untuk ibu hamil trimester 1,2,dan 3
  • Kebutuhan vitamin B12 dalam sehari meningkat sebanyak + 0,5 mcg untuk ibu hamil trimester 1,2,dan 3
  • Kebutuhan zat besi dalam sehari meningkat sebanyak +9 mg untuk trimester 2 dan 3

Tapi para calon ibu tidak perlu khawatir. Anemia jenis ini bisa diatasi dengan mengubah pola makan dan menambah konsumsi makanan bergizi yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Selain itu, ibu juga bisa mengkonsumsi makanan di bawah ini. 

Sumber Protein Hewani

Protein untuk program hamil meningkatkan kesuburan

Makanan jenis ini adalah sumber zat besi yang paling mudah diserap oleh tubuh. Bahan makanan yang termasuk sumber protein hewani adalah daging merah, ikan, ayam, dan telur. Tidak cuma mendapat manfaat dari zat besi, jenis protein hewani ini biasanya kaya akan protein, kolin dan vitamin B12 yang juga dibutuhkan dalam kehamilan.

Sayuran Hijau

sayuran hijau sumber folat dan zat besi

Sayuran adalah salah satu sumber vitamin dan mineral terbaik. Namun untuk mengatasi anemia, sayuran berwarna hijau adalah yang terbaik. Beberapa contoh sayuran yang baik untuk mengatasi anemia adalah bayam dan brokoli. Keduanya memiliki kandungan zat besi yang tinggi serta kaya akan asam folat yang tentunya baik untuk perkembangan otak buah hati.

Penyerapan zat besi dari bahan makanan hewani maupun sayuran hijau dapat ditingkatkan dengan penambahan vitamin C yang juga terkandung dalam makanan seperti jeruk, paprika, dan tomat. Anda juga dapat mengombinasikan sayuran hijau yang kaya akan zat besi dengan buah-buahan yang tinggi akan vitamin C untuk dijadikan smoothies.

Rekomendasi Susu Ibu Hamil

Kehamilan adalah momen yang paling membahagiakan bagi para wanita. Di saat inilah mereka sempurna sebagai seorang wanita. Namun karena kondisi yang lebih rapuh, calon ibu harus menjaga kesehatannya dengan baik. Makanan yang dikonsumsi juga harus dijaga. Karena pada saat ini, makanan yang masuk bukan hanya untuk sang ibu namun juga untuk janin yang dikandung. Bagi Anda yang sedang mencari susu ibu hamil untuk melengkapi kebutuhan nutrisi setiap harinya, Prenagen Mommy bisa dijadikan pilihan.

Prenagen Mommy adalah susu ibu hamil yang lengkap gizi, mengandung Nutrisi Makro (Karbohidrat, Lemak, & Protein) dan Nutrisi Mikro (Vitamin & Mineral), serta DHA dan Kalsium dengan jumlah yang tepat dan seimbang sesuai kebutuhan ibu hamil.

Varian Rasa Prenagen Mommy: Groovy Mocha, Delicious Mung Bean, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, dan French Vanilla
Keunggulan Prenagen Mommy
Cara Penyajian Prenagen Mommy
  • Tambahkan 3 sendok makan (45g) Prenagen mommy ke dalam gelas
  • Tuangkan 180 ml air hangat (40°C)
  • Segera konsumsi susu setelah dilarutkan. Sisa susu harus dibuang jika tidak diminum lebih dari 2 jam setelah dilarutkan.

 Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk Prenagen melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan ibu hamil terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

Salam,

KALCare

Sumber:

Angka Kecukupan Gizi 2019, Kemenkes RI http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf   

Nutrition during pregnancy. (2020).acog.org/Patients/FAQs/Nutrition-During-Pregnancy

Eating right during pregnancy. (2019). eatright.org/resource/health/pregnancy/what-to-eat-when-expecting/eating-right-during-pregnancy

3 Ways to Prevent Anemia in Pregnancy by Katherine Campbell, MD, MPH — Written by Jessica Timmons — Updated on January 4, 2021 https://www.healthline.com/health/pregnancy/iron-deficiency-anemia 

Stephen, G., Mgongo, M., Hussein Hashim, T., Katanga, J., Stray-Pedersen, B., & Msuya, S. E. (2018). Anaemia in Pregnancy: Prevalence, Risk Factors, and Adverse Perinatal Outcomes in Northern Tanzania. Anemia, 2018, 1846280. https://doi.org/10.1155/2018/1846280