ASI Lancar Saat Berpuasa, Tips Berikut Akan Membantu Anda Melakukannya


ASI Lancar Saat Berpuasa, Tips Berikut Akan Membantu Anda Melakukannya

ASI Lancar Saat Berpuasa, Tips Berikut Akan Membantu Anda Melakukannya

Selama bulan Ramadhan, ibu menyusui kerap mengalami dilema. Mereka seakan dihadapkan antara dua pilihan yakni memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil atau berpuasa. Jika berpuasa, ada kemungkinan ASI yang dihasilkan memiliki kandungan nutrisi yang lebih rendah. Namun jika tidak, rasanya sayang jika harus melewatkan bulan suci yang hanya 1 kali dalam setahun ini tanpa berpuasa sama sekali. Jika si kecil sudah berusia minimal 6 bulan, pemberian MPASI memang bisa membantu melengkapi kebutuhan si kecil. Ditambah dengan cara berikut, kualitas ASI ibu tetap bisa terjaga.

 

Makan Makanan Bergizi

Saat sahur dan berbuka hendaknya dimanfaatkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Menu makanan juga harus lengkap mulai dari sumber karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral lainnya. Ibu menyusui sebaiknya tetap mempertahankan makan 3 kali sehari. Hanya saja, polanya adalah makan di waktu sahur, berbuka dan malam setelah salat Tarawih. Sedangkan untuk si kecil, berikan MPASI yang mampu menyempurnakan ASI.

 

Penuhi Kebutuhan Istirahat

Selama berpuasa, pola tidur biasanya akan berubah. Kebutuhan tidur akan sedikit berkurang karena harus bangun malam untuk sahur. Karena itu, ibu menyusui juga perlu menyesuaikan diri dengan pola tidur yang baru. Misalnya saja dengan tidur siang selama 30-60 menit. Istirahat yang cukup juga dapat meminimalisir stres. Dengan demikian, produksi ASI juga menjadi lebih lancar.

 

Konsumsi Makanan atau Suplemen Pendukung

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan pelengkap ataupun suplemen pendukung. Cara ini juga bisa membantu ibu menyusui untuk melengkapi kebutuhannya setiap hari. Ibu juga bisa mengonsumsi susu menyusui. Alhasil, produksi ASI menjadi lebih lancar. Hanya saja jika ingin mengonsumsi makanan atau suplemen pendukung, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

 

Untuk membantu ibu dalam melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil, pemberian MPASI juga bisa menjadi solusi. Kini ada banyak pilihan makanan pendamping ASI yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Berbagai rasa juga tersedia. Ibu bisa memilihnya sesuai dengan selera si kecil. Dengan memadukan antara ASI dan MPASI seperti Milna, kebutuhan nutrisi si kecil tetap terjaga meski sang ibu tetap berpuasa.

 

 

 

Salam,

KALBE Store