ASI Diselingi Susu Formula, Apakah Boleh?

ASI Diselingi Susu Formula, Apakah Boleh?

Mungkin ada beberapa di antara Anda yang memiliki dilema saat hendak memberikan ASI dan susu formula. Di satu sisi Anda ingin memberikan manfaat terbaik dari ASI. Di sisi lain, ada juga harapan untuk memberi yang jauh lebih baik lagi kepada si kecil melalui pemberian susu formula. Tapi apakah menyelingi ASI dengan susu formula seperti ini aman untuk si kecil?

 

Menyelingi ASI dengan Susu Formula

Di antara para pakar sendiri sebenarnya ada perbedaan pendapat seputar menyelingi ASI dengan susu formula. Namun secara umum, melakukan hal tersebut masih diperbolehkan. Hanya saja sebaiknya dihindari. Anjuran seperti ini muncul jika si kecil masih berusia di bawah 1 tahun. Pemberian susu formula pada anak di bawah usia 1 tahun sebenarnya memang tidak dianjurkan. Ini hanya boleh dilakukan jika sang ibu memang memiliki masalah medis yang membuatnya sulit memberikan ASI.

 

Pemberian ASI dan susu formula pada usia dini juga bisa mengganggu selera makan anak. Dampaknya, anak bisa saja tidak menyukai ASI dan menjauhinya. Atau sebaliknya, ia menghindari susu formula atau bahkan tidak menyukai keduanya, baik ASI atau susu formula. Kondisi seperti ini tentu sangat memprihatinkan mengingat keduanya sama-sama bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk si kecil.

 

Memperoleh Manfaat Terbaik dari ASI dan Susu Formula

Memberikan ASI diselingi dengan susu formula sebenarnya tidak selamanya buruk. Jika dilakukan dengan benar, manfaat terbaik dari keduanya bisa diperoleh. Orang tua bisa melakukannya sesuai dengan kebutuhan anak. Akan tetapi satu hal yang harus selalu diperhatikan oleh orang tua adalah usia sang anak. Pastikan usia si kecil sudah 1 tahun. Memberi susu formula di usia di bawah itu justru bisa mengganggu pertumbuhannya. Di masa depan, hal ini juga bisa memicu gangguan kesehatan pada si kecil. Anak yang memperoleh susu formula terlalu dini juga bisa mengalami diare.

 

Pemilihan susu formula hendaknya juga dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Apakah si kecil memiliki alergi susu sapi atau intoleran terhadap laktosa? Memilih susu yang telah teruji juga tidak kalah penting. Jika ini yang Anda cari, Susu Morinaga bisa jadi pilihan terbaik.

 

 

 

Salam,

KALBE Store