Apakah Aman Bagi Ibu Hamil Untuk Mudik


Apakah Aman Bagi Ibu Hamil Untuk Mudik

Apakah Aman Bagi Ibu Hamil Untuk Mudik

Setelah sebulan penuh  berpuasa, hari kemenangan pun tiba. Sambutan meriah akan datangnya hari raya Idul Fitri dilakukan dalam berbagai macam cara. Namun ada satu tradisi yang tak pernah lepas dari lebaran. Tradisi mudik, tradisi unik ini telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Momen ini pun dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga dan kembali menguatkan ikatan silaturahmi. Begitu istimewanya hari kemenangan ini. Ibu hamil pun tak ingin ketinggalan untuk menikmati kebersamaannya. Meski semua perbekalan mudik termasuk susu ibu hamil sudah dipersiapkan, sebenarnya apakah mudik ini aman untuk ibu hamil?

 

Mudik Bagi Ibu Hamil

Mudik sendiri sebenarnya tidak selalu memberatkan ibu hamil. Berat atau tidaknya mudik bagi ibu hamil ini lebih banyak ditentukan oleh jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke kampung halaman. Jika bisa ditempuh dalam waktu 1-3 jam, tentu tidak terlalu memberatkan. Tapi jika harus memakan waktu hingga 5 jam di perjalanan, ada banyak tantangan yang harus dihadapi.

 

Kondisi angkutan umum yang kurang ramah untuk ibu hamil juga bisa berisiko, terlebih jika usia kehamilan memang sudah mendekati akhir. Sebenarnya, mudik saat hamil besar tidak direkomendasikan. Risikonya juga terlalu besar. Jika memang tetap ingin mudik, sebaiknya pilih sarana transportasi yang bisa menyediakan ruang yang cukup untuk ibu hamil. Sarana transportasi yang cepat juga lebih direkomendasikan. Namun jika tidak memungkinkan, mobil pribadi juga bisa jadi pilihan. Hanya saja, ada banyak persiapan yang sebelumnya harus dilakukan, termasuk membawa bekal dan susu ibu hamil.

 

Berapa Usia Kehamilan yang Aman Untuk Mudik

Mudik aman bagi ibu hamil bisa dilakukan dengan melakukannya di usia kehamilan yang tepat. Waktu terburuk untuk melakukan perjalanan jauh bagi ibu hamil adalah saat usia kehamilan di bawah 12 minggu dan saat usia 36 minggu. Pada usia ini, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk tidak pergi jauh. Begitu pula dengan mudik. Ibu hamil hanya boleh mudik jika pada saat itu usia kehamilannya berada di kisaran 13 minggu sampai 35 minggu. Itu karena dalam usia tersebut biasanya janin sedang berada dalam kondisi hamil. Begitu pula dengan kondisi ibu.

 

Jika memutuskan untuk mudik, ibu hamil harus mempersiapkan semua keperluan dengan cemat. Bekal makanan termasuk susu ibu hamil harus ada. Sebaiknya bawa juga bantal untuk membantu menyangga punggung. Selama masa kehamilan, menjaga asupan nutrisi sangatlah penting. Untuk itulah susu hamil seperti susu Prenagen harus ada dalam bekal mudik Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE Store