Apa sih Manfaat Susu Entrasol Bagi Lansia?

Apa sih Manfaat Susu Entrasol Bagi Lansia?

Manfaat susu bagi kesehatan dirasakan oleh setiap kelompok usia, tidak terkecuali lansia atau mereka yang berusia 46-65 tahun. Selain sebagai sumber protein, susu juga merupakan sumber kalsium, kalium, dan vitamin D yang baik. Susu memang bukan makanan utama. Namun melalui susu, kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi secara sempurna. Bagi lansia pun demikian. Selain mengonsumsi makanan sehat, mengonsumsi susu lansia seperti susu Entrasol juga membantu lansia untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya.

 

 

Perlu diketahui, ada beberapa perbedaan kebutuhan nutrisi antara lansia dengan orang dewasa. Pada lansia, kebutuhan makronutrisi berkurang. Akan tetapi di sisi lain, kebutuhan kalsiumnya justru meningkat. Bahkan kebutuhan susu lansia mencapai 200 cc lebih tinggi dari kebutuhan pria atau wanita dewasa.

 

Kenapa Lansia Membutuhkan Asupan Susu Lebih Banyak

Ternyata menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, dalam sehari lansia setidaknya membutuhkan susu sebanyak 1200 cc. Lansia membutuhkan konsumsi susu lebih tinggi dari pria atau wanita dewasa yang hanya perlu mengonsumsi susu sebanyak 1000 cc setiap harinya. Tingginya kebutuhan susu lansia ini tidak terlepas dari kebutuhan kalsiumnya yang juga semakin tinggi. Hal ini juga berkaitan dengan kondisi tulang lansia yang lebih rapuh dan membutuhkan asupan kalsium lebih tinggi. Masalah tulang seperti osteoporosis mengintai mereka yang berusia senja. Pengeroposan tulang sendiri bukanlah masalah yang sepele. Tulang keropos cenderung lebih mudah patah. Jika sudah parah, osteoporosis bisa membuat penderitanya seakan kehilangan kemampuan untuk mempertahankan postur tubuhnya. 

Namun, mengonsumsi susu tinggi kalsium tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang lansia. Berikut manfaat susu lainnya bagi lansia:

 

  • Menjaga kesehatan jantung

Menurut dr. Sepriani, masalah kesehatan jantung adalah kondisi yang paling umum terjadi pada lansia. Untuk menurunkan risiko tersebut, lansia perlu mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi potasium dan kalium. Salah satunya susu tinggi kalsium.

 

  • Menjaga massa otot

Hilangnya massa otot adalah masalah lain yang sering dihadapi oleh lansia. Untuk mengatasi hal ini, lansia dapat mengonsumsi susu karena mengandung protein tinggi. Dengan mengimbangi konsumsi susu dengan berbagai macam aktivitas fisik bisa menjaga massa otot lansia. Mempertahankan massa otot sangat penting untuk menunjang metabolisme tubuh, dan memengaruhi kestabilan berat badan.

 

  • Menurunkan risiko alzheimer 

Sebuah studi yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa susu mengandung antioksidan tinggi yang bisa melindungi otak dari kerusakan. Dengan kata lain, susu diduga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko alzheimer pada lansia, khususnya jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

 

  • Mendukung tubuh tetap terhidrasi 

Meski tidak sebaik air putih, susu juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan harian. Pada akhirnya susu mampu mencegah terjadinya dehidrasi. Lansia disarankan untuk minum satu gelas susu di pagi atau malam hari sebelum Anda tidur. 

 

  • Menurunkan risiko depresi 

Vitamin D yang ada di dalam susu bisa membantu meningkatkan serotonin, yakni hormon yang berkaitan dengan suasana hati. Dengan ini, Anda akan terhindar dari risiko depresi. Tidak hanya itu, asupan vitamin D yang cukup juga bisa bantu mencegah terjadinya badan lemas dan kelelahan, terkait dengan kondisi depresi. 

 

Manfaat Susu Tinggi Kalsium Entrasol

Pada lansia, susu saja tidaklah cukup. Mereka membutuhkan susu yang tinggi kalsium namun juga mudah diserap oleh tubuh. Susu tulang biasa tentu tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Pada susu tinggi kalsium biasa, susu hanya memberi asupan kalsium yang lebih tinggi saja. Beda halnya dengan susu lansia yang memang telah didesain secara khusus seperti susu Entrasol. Susu ini tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian namun juga membantu penyerapan kalsium untuk tulang.

Dari susu lansia inilah asupan kalsium bisa tercukupi. Namun susu lansia sebenarnya tak hanya mampu memenuhi kebutuhan kalsium saja. Di samping kalsium, susu Entrasol juga kaya akan nutrisi lain seperti:

 

1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata pada lansia. Vitamin ini membantu mata untuk melihat dalam cahaya yang redup dan membedakan warna benda. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu sistem imun melawan infeksi pada tubuh lansia.

 

2. Vitamin B6

Vitamin ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam menggunakan dan memproses cadangan gula menjadi energi. Selain itu, vitamin B dapat membantu produksi sel darah merah. Sel darah merah berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

 

3. Vitamin D

Vitamin ini berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium guna pertumbuhan tulang lansia. Selain itu, vitamin D juga membantu sistem imun dalam melawan infeksi. Kekurangan vitamin D pada lansia dapat menyebabkan mengalami pelunakan tulang (osteomalacia), rakitis, dan rentan terkena infeksi.

 

4. Mineral 

Mineral berfungsi untuk mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh. Selain itu, mineral bermanfaat untuk membangun tulang dan gigi, dan membantu pada kontraksi otot, impul saraf, kerja jantung, serta pembekuan darah yang benar pada tubuh.

 

entrasol platinum

 

Itulah beberapa kandungan susu yang baik untuk lansia. Dengan mengonsumsi susu lansia seperti Entrasol, tidak hanya kebutuhan kalsium saja yang terpenuhi. Kebutuhan nutrisi lain juga ikut terpenuhi. Untuk mendapatkan susu Entrasol Anda bisa membelinya di sini. Karena KALCare, Menjual Susu Dewasa Terbaik Online.

 

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

 

Klikdokter.com