Apa sih Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil?

Apa sih Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil?

Ada banyak mitos seputar hubungan air kelapa dengan kehamilan. Salah satunya adalah bahwa air kelapa dapat membuat kulit calon bayi lebih putih dan rambutnya hitam lebat. Namun, apakah benar demikian?

 

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

 

Mitos tersebut sampai sekarang belum dapat dibuktikan kepastiannya. Yang pasti adalah air kelapa mengandung segudang manfaat bagi tubuh, tidak terkecuali bagi ibu hamil dan janin. Ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa sebagai alternatif sumber hidrasi.

Selain sebagai sumber hidrasi, air kelapa juga memiliki beberapa manfaat untuk ibu hamil. Berikut beberapa  di antaranya:

 

1. Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Hamil

 

Ibu hamil membutuhkan kondisi tubuh yang harus tetap stabil. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa yang memiliki kandungan gizi tinggi, rendah karbohidrat serta lemak.

Air kelapa juga berperan untuk menyeimbangkan suhu tubuh agar tetap dalam kondisi yang stabil.

 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

Menjaga Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

 

Kandungan asam larut dalam air kelapa mengandung zat antivirus, antibakteri, dan antijamur. 

Ibu hamil yang mengonsumsi air kelapa dapat memperoleh pertahanan sistem kekebalan tubuh yang baik dari serangan penyakit berbahaya.

 

3. Mencegah dan Mengobati Kram Kaki

 

Mencegah dan Mengobati Kram Kaki

 

Mengonsumsi air kelapa muda untuk ibu hamil dapat mencegah dan mengobati kram kaki. Untuk diketahui, dalam satu batok air kelapa muda setidaknya mengandung 4.700 mg kalium. 

Zat kalium berperan untuk mengatasi kondisi kram di bagian kaki yang sering dialami oleh ibu hamil.

 

4. Sebagai Penawar Racun

 

Air kelapa memiliki asam lauric yang dapat bekerja melawan racun yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga air kelapa bisa bermanfaat untuk selalu sehat dan terbebas dari racun, khususnya untuk ibu hamil.

 

5. Memperlancar Pencernaan

 

Memperlancar Saluran Pencernaan dengan Air Kelapa

 

Serat yang terdapat dalam air kelapa bisa sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan pada ibu hamil, termasuk saat terjadi sembelit. 

Sembelit wajar terjadi pada ibu hamil di usia kehamilan awal karena adanya proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. 

Selain itu, air kelapa juga mengandung oksigen sebagai nutrisi yang sangat mudah diserap oleh ibu hamil.

 

6. Mencegah Dehidrasi

 

Mencegah Dehidrasi Dengan Hydro Coco

 

Tidak hanya berkhasiat untuk menghilangkan dahaga, minum air kelapa juga sangat membantu untuk mencegah ibu hamil terkena dehidrasi. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan elektrolit di dalamnya.

 

7. Menggantikan Elektrolit

 

Mual muntah yang kerap dialami oleh ibu hamil muda dapat mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit. Air kelapa kaya akan elektrolit, sehingga dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang.

 

8. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

 

Mencegah Tekanan Darah

 

Kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu mencukupi kebutuhan kalium harian yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

 

9. Membantu Mencegah Infeksi Saluran Kemih

 

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil selanjutnya adalah membantu mencegah infeksi saluran kemih. Alasannya, air kelapa dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi ragi yang menyebabkan infeksi saluran kemih atau lainnya

 

10. Menjernihkan Air Ketuban

 

Menjernihkan Air Ketuban Dengan Hydro Coco

 

Air kelapa kaya akan antioksidan yang terkandung dalam air kelapa murni. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas, serta menyerap lendir dan kotoran dari dalam ketuban sehingga air ketuban tetap jernih.

 

Itu dia manfaat air kelapa bagi ibu hamil. Anda bisa menyetok air kelapa untuk kesehatan ibu hamil dan janin. 

Namun terkadang, mendapatkan air kelapa dalam buah seringkali membutuhkan usaha ekstra, seperti sulit mencari penjual, repot menyimpan dalam jumlah banyak, dan sebagainya. Hal ini membuat konsumsi air kelapa ibu hamil menjadi terbatas.

 

Hydro Coco 500 ml

 

 

Namun jangan khawatir, Hydro Coco merupakan alternatif sumber air kelapa murni yang juga sangat baik untuk ibu hamil. Selain aman karena tidak mengandung tambahan artifisial maupun pengawet, Hydro Coco dikemas dalam kemasan tetraprisma aseptic menggunakan teknologi UHT. Oleh karena itu, Hydro Coco memberikan segala kebaikan yang sama dengan air kelapa murni bagi ibu hamil. 

Anda bisa mendapatkan Hydro Coco di KALCare E-Store dengan berbagai promo yang menarik. Untuk informasi promo lainnya, Anda juga bisa ikuti sosial media di:

 

Facebook: KALCare Channel

Instagram: @kalcare

Twitter: @KALCare

Youtube: KALCareID

 

Salam,

 

KALCare