Fams, Ketahui Apa Itu Trypophobia

Fams, Ketahui Apa Itu Trypophobia

Fams, apa Anda merasa jijik atau takut saat melihat lubang-lubang kecil yang berhimpitan? Jika iya, ada kemungkinan Anda menderita trypophobia. Apa itu trypophobia? Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, simak ulasannya berikut yuk!

 

Apa itu trypophobia?

 

Trypophobia merupakan jenis ketakutan atau rasa jijik yang berlebihan terhadap lubang-lubang atau benjolan-benjolan kecil, padat, berdekatan, dan banyak. Trypophobia membuat orang merasa tidak nyaman terhadap permukaan benda dengan karakteristik berlubang atau benjolan yang banyak.

 

trypophobia blackmores executive b

 

Sebagai contoh, jika Anda melihat kepala biji bunga lotus lalu timbul perasaan tidak nyaman, itu berarti Anda mengidap trypophobia. Begitu juga dengan melihat permukaan buah mengkudu, stroberi, dan koral.

Meskipun termasuk dalam kategori fobia, trypophobia tidak termasuk sebagai gangguan mental dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder. Sebab fobia harus menimbulkan rasa takut dan khawatir yang mengganggu aktivitas, sedangkan trypophobia cenderung menimbulkan rasa jijik daripada takut.

 

“Fobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu yang umumnya tidak membahayakan.”

 

15 Tanda trypophobia

Untuk tanda trypophobia sendiri, berawal dari seseorang dengan kondisi ini melihat objek dengan kumpulan lubang-lubang atau benjolan. Beberapa gejala berupa:

  1. Merinding
  2. Merasa tidak nyaman
  3. Distres
  4. Muncul sensasi aneh pada kulit yang tidak dipicu oleh objek eksternal
  5. Muncul rasa panik yang mendadak
  6. Muncul rasa mual
  7. Tubuh menjadi gemetar
  8. Merasa jijik
  9. Mata merasa lelah
  10. Mengalami ilusi
  11. Berkeringat
  12. Mual dan muntah
  13. Sesak napas
  14. Merasa gatal
  15. Detak jantung menjadi cepat

Memang gejala dari trypophobia sendiri pada tiap orang berbeda-beda ya Fams. Beberapa penderita trypophobia berpikir bahwa terdapat sesuatu yang berbahaya dari dalam lubang tersebut. Ada juga yang takut karena merasa akan terjatuh ke dalam lubang tersebut. Hal-hal inilah yang dapat menimbulkan rasa panik yang berlebihan pada penderita trypophobia. 

 

Apa penyebab trypophobia?

 

Sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya trypophobia pada seseorang. Tetapi dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, trypophobia merupakan pikiran lanjutan seseorang terhadap rasa takut dari hal-hal berbahaya yang pernah dialami sebelumnya. Kondisi ini menyebabkan orang tersebut secara tidak sadar telah mengaitkan benda berlubang yang tidak berbahaya dengan hewan atau objek lain dengan pola berlubang sama dan berbahaya.

Tetapi dari penelitian lanjutan, survei dilakukan untuk melihat apakah trypophobia muncul karena respon visual dari ketakutan yang muncul akibat hewan atau objek berbahaya atau tidak. Hasilnya pengidap trypophobia bukan merasa takut terhadap hewan atau objek berbahaya, tetapi karena penampilan hewan dan benda tersebut. 

Karena masih belum pasti, memang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apa itu penyebab trypophobia. 

 

Bagaimana cara mengatasi trypophobia?

 

Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti, trypophobia dianggap memiliki keterkaitan dengan depresi besar dan gangguan kecemasan umum. Bahkan fobia ini juga diduga berkaitan dengan gangguan kecemasan sosial.

Untuk itu, bagi Anda atau kerabat yang memiliki trypophobia, cara-cara berikut ini dapat dilakukan agar gejala yang muncul tidak semakin parah:

  1. Melakukan terapi paparan. Terapi paparan merupakan terapi yang fokus utamanya mengubah respon seseorang terhadap situasi atau objek yang membuat takut.
  2. Melakukan terapi perilaku kognitif. Terapi ini menggabungkan terapi paparan dengan teknik-teknik lain yang dapat membantu pengidap trypophobia untuk mengelola kecemasan dan menjaga pikiran agar tidak berlebihan.
  3. Melakukan terapi bicara dengan psikolog atau psikiater.
  4. Mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan atau telah melalui konsultasi dengan tenaga kesehatan untuk membantu mengurangi kecemasan dan gejala panik.
  5. Menjalani teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan dan meditasi.
  6. Melakukan latihan pengendalian fisik dan mental secara teratur, melalui yoga.
  7. Melakukan berbagai aktivitas fisik secara, terutama berolahraga untuk mengatasi kecemasan.
  8. Istirahat yang cukup.
  9. Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, serta gizi yang seimbang.
  10. Menghindari konsumsi kafein dan alkohol karena akan memperparah rasa cemas pada seseorang. 

Itulah penjelasan mengenai trypophobia. Semoga informasi mengenai trypophobia ini dapat membantu Anda mengurangi fobia terhadap lubang ya.

 

Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang tersedia di KALCare sebagai upaya untuk menjaga kesehatan fisik. Anda juga dapat menemukan suplemen kesehatan Blackmores Executive B yang dapat membantu mengatasi stres berkelanjutan. 

Blackmores Executive B terbuat dari kombinasi vitamin B kompleks, dan herbal alami yang dapat mengatasi stress berkelanjutan. Herbal alami yang digunakan pada produk Blackmores Executive B adalah Avena Sativa dan Passion Flowe yang dapat memberikan efek relaksasi dan mengatasi insomnia.

 

suplemen blackmores executive b

 

Blackmores Executive B tersedia dalam kemasan isi 62 dan 30 tablet. Anda bisa mengonsumsi 1-2 tablet sehari, atau sesuai dengan petunjuk dari dokter. 

Ayo segera dapatkan Blackmores Executive B dengan mudah hanya di KALCare E-Store. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan melalui artikel ataupun kulwap dari WhatsApp dan Telegram KALCare. 

 

Salam,

KALCare