Apa Itu Prebiotik?

Apa Itu Prebiotik?

Ibu mungkin telah mengetahui manfaat dan fungsi dari probiotik, namun ternyata prebiotik pun memiliki peran yang sama pentingnya. Lalu, apa itu prebiotik? Prebiotik adalah karbohidrat yang tidak dicerna atau diserap oleh tubuh di dalam usus kecil, dan tetap utuh hingga ke usus besar, yang memiliki fungsi sebagai makanan bagi bakteri baik yang tinggal di dalam usus besar. Bersama dengan serat, prebiotik memiliki peranan penting untuk kesehatan sistem pencernaan tubuh.

 

Pada masa pertumbuhan dan perkembangan bayi, mulai dari belajar merangkak hingga berlari, bayi akan memasukkan tangan atau benda-benda lainnya ke dalam mulutnya. Hal tersebut dapat memicu berkembangnya bakteri jahat di dalam tubuh bayi, yang dapat menyebabkan sakit perut, diare dan pergerakan usus yang tidak sempurna. Di sinilah, prebiotik berperan untuk mencegah dan melindungi usus dari bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi pada usus. Jadi, salah satu cara agar anak Anda tetap sehat, selain menjaga kekuatan sistem imun mereka, adalah juga memilih makanan yang mengandung prebiotik yang cukup bagi tubuhnya.

 

Anda dapat menemukan sumber makanan yang mengandung prebiotik dalam buah-buahan dan sayuran, seperti tomat, pisang, blueberry, bawang putih, bawang bombay, gandum, susu dan sumber lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa, riset yang dilakukan oleh Director of the Neonatal Unit di rumah sakit University in Tarragona, Spanyol, menyebutkan bahwa, salah satu sumber prebiotik yang baik bagi bayi Anda adalah ASI, karena ASI mengandung 8% prebiotik yang diperlukan tubuh, dan merupakan sumber prebiotik yang aman bagi bayi, jauh lebih aman dibandingkan dengan susu formula.

 

Sebaiknya, Anda tetap memberikan asupan prebiotik alami bagi anak, dan mengombinasikannya dengan serat makanan. Gabungan keduanya, dengan kadar yang tepat, tidak hanya melindungi sistem pencernaan anak dari bakteri jahat, namun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko obesitas anak, meningkatkan penyerapan kalsium dan mineral dalam tubuh, serta melindungi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

Salam,

KALBE e-Store