Segudang Manfaat dan Kandungan Kolostrum dalam ASI

Segudang Manfaat dan Kandungan Kolostrum dalam ASI

Penting untuk Bunda ketahui, kolostrum adalah kandungan nutrisi terbaik untuk bayi setelah lahir yang terkandung dalam ASI pertama pasca melahirkan.

Kolostrum sebaiknya tidak terlewatkan oleh bayi karena mengandung gizi yang sangat baik bagi pertumbuhan tubuh bayi dan juga mudah dicerna oleh si kecil.

Kolostrum biasanya dihasilkan dalam jumlah yang terbatas dan hanya berlangsung selama 2-4 hari setelah melahirkan.

Meski jumlahnya terbatas, kandungan dalam kolostrum justru kaya akan protein, mineral, vitamin, imunoglobulin serta kandungan lainnya yang berpengaruh baik pada pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Maka dari itu sangat disarankan untuk segera memberikan ASI kepada bayi setelah proses persalinan ya Bunda. Jangan menunda pemberian ASI karena pengeluaran kolostrum ini sangat terbatas dan hanya bisa dinikmati oleh bayi maksimal 1 minggu saja.

Baca juga: 5 Camilan untuk Tingkatkan Kualitas ASI

Manfaat Kolostrum bagi Bayi

manajemen asi perah

Seperti yang telah Bunda ketahui, kolostrum memiliki berbagai kandungan gizi yang baik bagi bayi. Ini berarti manfaat kolostrum jelas sangat baik juga untuk buah hati Anda. Beberapa manfaatnya adalah:

1. Membentuk sistem kekebalan tubuh

Terdapat studi yang mengatakan bahwa kolostrum memiliki kandungan antibodi dan sel darah putih yang cukup  banyak. Kandungan ini memang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir karena berperan untuk memberikan perlindungan yang baik terhadap bakteri dan virus.

2. Menjaga sistem pencernaan

Salah satu manfaat dari kolostrum yang memiliki pengaruh baik bagi bayi adalah menjaga sistem pencernaan. Kandungan ini juga mudah di serap oleh bayi sehingga antibodi yang terdapat di dalam kolostrum sangat efektif melawan gangguan perut dan diare. Ini merupakan hal penting untuk bayi yang baru lahir.

3. Mencegah penyakit kuning

Kolostrum memiliki kandungan yang dapat membantu mengurangi zat bilirubin yang berlebihan. Zat bilirubin ini merupakan zat yang dapat menyebabkan ‘bayi kuning’.

4. Mengurangi resiko infeksi

Terdapat dua per tiga sel darah putih di dalam kandungan kolostrum. Sel darah putih ini membantu mengurangi resiko bayi terkena infeksi dan juga menghasilkan antibodi yang dapat menetralkan bakteri atau virus dalam tubuh bayi.

5. Membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi

Dalam kolostrum terdapat beragam nutrisi yang baik untuk melengkapi kebutuhan bayi. Nutrisi-nutrisi tersebut akan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi hingga dewasa. Tentunya kandungan kolostrum dalam ASI lebih memiliki manfaat kuat dalam hal ini dibandingkan dengan susu formula.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pemberian ASI Perdana

Itulah beberapa manfaat kandungan kolostrum dalam ASI pertama untuk bayi yang baru lahir. Manfaat diatas bisa di dapatkan karena kolostrum mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan E.

Tak hanya itu, kolostrum juga diyakini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan organ vital bayi.

Nah karena kandungan kolostrum bagi bayi sangat bermanfaat, sekarang tidak ada alasan lagi kan untuk Bunda menunda pemberian ASI? Sebaiknya segera berikan ASI eksklusif kepada bayi setelah lahir ya, mengingat kandungan kolostrum pada ASI sangat terbatas.

Namun jika jumlah kolostrum pada awal menyusui hanya sedikit, tak perlu di khawatirkan ya Bunda. Ini merupakan hal yang wajar kok karena hal tersebut memang telah disesuaikan secara alami dengan kebutuhan si kecil.

 

Artikel dicek oleh: dr. Isman Sandira

Penulis: Evelyn

Sumber