Apa Hubungan Mata Minus dan Persalinan Normal?


Apa Hubungan Mata Minus dan Persalinan Normal?

Apa Hubungan Mata Minus dan Persalinan Normal?

Setiap keluarga baru pasti sangat menantikan kehadiran buah hati. Bahkan keinginan tersebut dianggap sempurna jika Ibu dapat melahirkan si buah hati melalui proses persalinan normal. Sayangnya  ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang memengaruhi Ibu hamil untuk melakukan persalinan normal. Salah satunya adalah mata minus atau rabun jauh.

 

Kondisi mata minus

 

Mata minus atau dalam bahasa medis disebut sebagai miopia merupakan kondisi ketika jarak bola mata terlalu panjang. Mata minus juga dapat terjadi karena lengkung retina yang terlalu besar. Akibatnya fokus cahaya atau sinar yang direfleksikan oleh sebuah objek jatuh di titik depan retina, sehingga penderita mengalami kesulitan untuk melihat benda jarak jauh. Padahal seharusnya sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea  kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Sehingga lensa mata dan kornea dapat membiaskan cahaya yang masuk agar bayangan objek difokuskan tepat di retina.

 

pentingnya cek kondisi mata minus menjelang persalinan

 

Kondisi mata minus pada seseorang dapat diukur berdasarkan besaran keparahan. Besar keparahan ini ditandai dengan ukuran dioptri atau D. Tingkat keparahan mata minus juga dibagi lagi menjadi 3 yang terdiri dari miopi rendah dengan minus 0.5D-3D, sedang dengan minus 3D-6D, dan berat dengan minus di atas 6D. Mata minus sendiri dapat disebabkan akibat kebiasaan membaca atau menonton di tempat gelap, terlalu banyak melihat gadget, sering menggosok mata, hingga kurang mengonsumsi makanam bernutrisi.

 

Kondisi mata minus dengan tingkat keparahan yang tinggi dapat meningkatkan risiko retina dapat terlepas dari bola mata. Kondisi ini disebut juga sebagai ablasio retina. Secara rinci, ablasio retina terjadi akibat terlepasnya bagian retina dari jaringan pendukung disekitar belakang bola mata. Hal ini disebabkan karena ada perpanjangan bola mata ke bagian depan yang menipiskan periferal retina secara paksa dan membuatnya menjadi sobek. Maka ablasio retina menyebabkan penderitanya mengalami penglihatan buram secara tiba-tiba atau mendadak. Jika ini terjadi, kondisi ini termasuk dalam golongan gawat darurat medis.

 

Hubungan mata minus dengan proses persalinan normal

 

Ibu hamil yang memiliki rabun jauh tingkat berat, berisiko tinggi mengalami komplikasi pada organ mata. Hal ini dapat terjadi karena adanya usaha mengejan saat melahirkan normal. Mengejan saat persalinan normal apalagi dalam waktu yang lama berpotensi meningkatkan tekanan pada bola mata, sehingga dapat memberikan kerusakan pada struktur di dalam mata. Komplikasi yang diakibatkan karena mengejan pada proses persalinan dapat berupa pembentukkan pembuluh darah baru di retina yang rentan mengalami perdarahan. Selain itu dapat juga menyebabkan kerusakan retina lebih parah saat melahirkan secara normal. Sehingga meningkatkan risiko retina menjadi sobek saat melahirkan hingga menyebabkan kebutaan.

 

Itulah mengapa ibu hamil yang memiliki tingkat keparahan mata minus perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai proses persalinan yang diinginkan. Memang sebenarnya ibu dengan mata minus tetap dapat melakukan proses persalinan normal. Tetapi tetap harus melakukan pemeriksaan kesehatan mata terutama retina lebih lanjut pada usia kehamilan 7 atau 8 bulan. Jika tidak memungkinkan, dokter tentu akan menyarankan ibu hamil melakukan proses persalinan melalui operasi caesar.

 

Itulah penjelasan mengenai kondisi mata minus dengan proses persalinan normal. Maka dari itu ibu hamil memang perlu menjaga kondisi kesehatannya sebaik mungkin untuk melakukan proses persalinan. Sehingga ibu hamil perlu mengonsumsi nutrisi lengkap yang bisa dibantu dengan Prenagen Mommy Emesis. Susu kehamilan yang satu ini juga membantu ibu hamil yang disertai dengan mual dan muntah. Ibu bisa mendapatkan susu Prenagen Mommy Emesis dengan mudah di sini. Dapatkan juga variasi lainnya dari Prenagen untuk menunjang kehamilan hingga menyusui hanya di KALCare E-Store.

 

Prenagen Mommy Emesis dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://sains.kompas.com/read/2017/12/20/203100723/wanita-dengan-mata-minus-bisa-melahirkan-normal-asal-