Anjuran IDAI Menjelang Masa New Normal Bagi Anak

Anjuran IDAI Menjelang Masa New Normal Bagi Anak

Penyebaran covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Pasien yang terinfeksi pun cukup beragam dan tidak mengenal perbedaan usia. Sehingga ada juga anak-anak yang terinfeksi coronavirus.

 

Berdasarkan data dari IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia, sampai dengan 18 Mei 2020 terdapat 584 anak dinyatakan positif covid-19. 3.324 anak dinyatakan sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan korban meninggal anak sebanyak 143   dengan rincian 129 anak berstatus PDP dan  14 anak yang dinyatakan positif covid.

 

anjuran IDAI mengenai perlindungan anak selama covid-19

 

IDAI menambahkan, dengan angka-angka tersebut dapat dikatakan bahwa pasien dan kematian covid pada anak di Indonesia cukup tinggi. Data ini juga seolah menyanggah bahwa kelompok usia anak tidak rentan terhadap covid-19. Maka dari itu, IDAI memberikan anjuran kepada Pemerintah tentang pemberlakukan new normal yang rencananya akan segera diberlakukan pada beberapa daerah di Indonesia.

1. Protokol kesehatan yang ketat

Memberlakukan new normal perlu diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sebab hingga saat ini masih belum ditemukan vaksin ataupun obat yang dapat mengatasi covid-19. Untuk itu perlu melakukan pemeriksaan covid terhadap masyarakat, menelusuri kontak positif covid, hingga tindakan karantina dan isolasi. Dengan begitu, diharapkan dapat menekan angka penyebaran coronavirus terhadap anak-anak.

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Dengan memberlakukan new normal, pemerintah mengharapkan masyarakat dapat tetap menjaga produktivitas walaupun pandemi covid masih berlangsung. Tetapi tubuh juga memerlukan nutrisi yang tepat untuk mengimbangi aktivitas yang dilakukan selama covid. Begitu juga dengan anak-anak. Anda perlu melengkapi nutrisi Si Kecil dengan memberikan nutrisi melalui sayuran, buah-buahan, Susu Zee, dan jika perlu suplemen kesehatan. Zee memiliki keunggulan Nutripro Complex Plus untuk mendukung tumbuh kembang anak berprestasi dengan kandungan 9 asam amino esensial, kolin, dan tinggi kalsium. Sehingga mendukung nutrisi Si Kecil selama pandemi.

 

beri nutrisi lengkap dari Zee untuk dukung tumbuh kembang Si Kecil selama covid

 

3. Tetap mengadakan layanan imunisasi

Pada masa new normal, diharapkan layanan imunisasi bagi anak tetap dilaksanakan. Tujuannya agar semua anak mendapat perlindungan dari imunisasi secara terus-menerus. Terutama bagi bayi dan anak yang masih usia belia.

 

4. Kegiatan belajar jarak jauh

Kegiatan belajar mengajar di sekolah disarankan agar dilakukan dalam bentuk pembelajaran jarak jauh. Anjuran ini disampaikan karena masih sulit melakukan pengendalian transmisi masyarakat apabila terjadi kerumunan. Ada baiknya pembelajaran secara daring masih dilakukan mengingat wabah covid masih belum teratasi.

 

5. Pembatasan fisik

Pada tatanan kehidupan normal baru, tetap harus mengutamakan pembatasan fisik untuk mencegah penyebaran covid. Masyarakat diharapkan dapat menyadari betapa penting melakukan aktivitas dari rumah saja. Termasuk seperti beribadah, belajar, dan bekerja. Hindari kontak fisik dengan anak yang bisa menjadi upaya penyebaran covid, seperti mencium anak.

 

Itulah beberapa anjuran yang bisa juga Anda sebagai orang tua terapkan agar Si Kecil terhindar dari penyebaran covid. Jangan lupa untuk mendapatkan nutrisi pendukung tumbuh kembang anak Zee di sini. Yuk bersama Zee dukung tumbuh kembang Si Kecil selama pandemi covid. KALCare menjual susu formula terbaik & susu pertumbuhan anak online agar Anda bisa belanja dari rumah saja. Nikmati juga promo susu formula anak terbaik & susu pertumbuhan anak spesial hanya di KALCare.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

Sumber:

Pdf Anjuran Pengurus Pusat IDAI