Anak Tidak Nafsu Makan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Anak Tidak Nafsu Makan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Turunnya napsu makan banyak dialami oleh anak-anak. Ini tentunya membuat orangtua khawatir, karena si kecil ditakutkan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Namun, sesungguhnya normalkah jika hal ini terjadi pada anak?

 

Ternyata, pada usia 1-5 tahun, anak memang mengalami penurunan napsu makan. Ini terkait dengan pertumbuhan fisiknya yang juga bertahap, sehingga kebutuhan konsumsi kalori pun lebih sedikit, yang ujungnya berpengaruh terhadap keinginan anak untuk makan. Oleh karenanya, jika sebelumnya, yakni pada masa bayi, kenaikan berat badan anak dapat mencapai 7 kilogram per tahun, maka ketika usia anak menginjak 1-5 tahun, rata-rata kenaikan berat badannya hanya 2 kilogram saja per tahun. Namun, jangan khawatir. Ketika aktivitas anak mulai meningkat, keinginan makannya pun akan kembali meningkat dengan sendirinya.

 

Semakin besar usia anak, pun semakin kaya pengetahuannya akan bentuk dan rasa makanan. Ketika anak-anak mulai mengenal rasa dan mengetahuinya seleranya terhadap makanan, mereka pun mulai pilih-pilih makanan. Makanan manis dan asin (gurih) biasanya lebih disenangi anak-anak, dibandingkan makanan yang hambar, pahit atau asam. Ketika anak dihadapkan pada bentuk makanan yang membosankan, dan rasa makanan yang tidak bervariasi, ini juga bisa menyebabkan turunnya napsu makan pada anak.

 

Selain itu, saat orangtua menjadikan aktivitas makan – dan pemberian makan – sebagai suatu aktivitas yang melibatkan ‘peperangan’, dan tidak membuat suasana makan yang nyaman, anak pun akan berpersepsi bahwa, makan adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Kemudian, ketika orangtua mulai terlalu banyak memberikan cemilan dan susu di sela-sela waktu makan, itupun menjadi salah satu faktor anak merasa dirinya tidak pernah benar-benar lapar, sehingga tidak memiliki keinginan untuk makan. Penyajian makanan yang terlihat terlalu banyak pun bisa mendorong anak malas makan.

 

Jika anak sedang sakit, napsu makannya juga bisa turun drastis. Oleh karenanya, orangtua harus memastikan bahwa, anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, sehingga kesehatannya terjaga. Selain itu, kreasikan penyajian makanan agar terlihat lebih menarik, dan sebisa mungkin libatkan anak dalam menyiapkan makanannya. Sajikan juga makanan dalam porsi kecil, dan jadwalkan waktu anak mengkonsumsi cemilan dengan lebih bijak. Jangan lupa, untuk mengajak anak beraktivitas fisik, dan jangan berikan makanan pada saat anak tidak merasa lapar. Ini karena, pada waktunya, anak pun akan merasa lapar, dan butuh makanan, bahkan tanpa perlu Anda paksa.

 

Salam,

KALBE e-Store