Anak Sering Diare, Apa Sih Penyebabnya?

Anak Sering Diare, Apa Sih Penyebabnya?

Di balik tubuhnya yang mungil, anak-anak memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Nutrisi-nutrisi tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Karena itulah, makanan sehat dan susu formula tak pernah lepas dari menu harian anak. Namun memberi makanan sehat dan susu pun tidak bisa sembarangan. Memberikan makanan yang kurang tepat justru bisa memicu reaksi alergi. Diare adalah salah satunya. Meski terdengar sederhana, diare bisa menghilangkan kesempatan si kecil untuk tumbuh optimal. Namun apa sebenarnya yang menyebabkan diare? Berikut beberapa di antaranya.

 

Keracunan Makanan

Mungkin ini jarang terjadi pada anak-anak. Akan tetapi Anda juga harus tahu bahwa makanan yang tidak diolah dengan benar atau bahkan sudah tidak layak makan bisa menyebabkan anak keracunan. Diare akibat keracunan makanan ini bisa sangat fatal. Jika tidak segera diatasi, anak bisa mengalami kekurangan cairan dan nutrisi yang parah.

 

Infeksi Bakteri, Parasit atau Virus

Anak-anak umumnya memiliki keingintahuan yang tinggi. Mereka selalu tertarik dengan hal-hal baru. Untuk memenuhi keingintahuan tersebut, tak jarang mereka menyentuh bahkan menggigit barang yang mereka jumpai. Inilah yang menjadi pintu masuk bakteri, parasit dan virus ke dalam tubuh. Meski demikian, bukan berarti Anda harus melarang si kecil untuk mencari tahu. Hanya saja, bekali dia dengan makanan sehat dan susu formula agar daya tahan tubuhnya lebih kuat.

 

Terlalu Banyak Minum Jus

Siapa yang tidak suka dengan jus buah. Semua orang tentu menyukainya, terlebih anak-anak. Namun Anda juga harus ingat. Minum jus buah terlalu banyak bisa menyebabkan diare. Ini kerap dialami oleh anak-anak. Jika ingin mendapatkan kebaikan dari buah, akan lebih baik jika memberi si kecil buah segar. Kalaupun ingin memberinya jus buah, buatkan jus sendiri. Satu hal lagi yang juga tidak kalah penting, selalu batasi konsumsinya.

 

 

Dengan mengetahui penyebab diare pada anak, Anda akan tahu bagaimana harus mengambil sikap. Upaya pencegahan bisa dilakukan jauh lebih baik. Begitu pula soal pemberian susu formula. Jika si kecil belum genap berusia 1 tahun, sebaiknya hindari pemberian susu selain ASI. Dan jika ingin memberinya susu formula, beri ia Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store