Anak Intoleransi Laktosa, Susu Formula Anak Terbaik Apa Untuknya?

Anak Intoleransi Laktosa, Susu Formula Anak Terbaik Apa Untuknya?

Susu memang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Kandungan nutrisi di dalamnya juga baik untuk pertumbuhan tulang dan otaknya. Demi memberikan nutrisi terbaik, tak jarang para orang tua memberikan susu formula anak sebagai makanan pelengkap. Akan tetapi tidak semua anak bisa menerima itu. Ada kondisi di mana tubuh si kecil menolak beberapa kandungan yang terdapat dalam susu. Kasus ini biasa dikenal dengan istilah intoleransi laktosa.

 

Apa Itu Intoleransi Laktosa

Berbeda dengan alergi, intoleransi laktosa ini terjadi karena rendahnya enzim laktase yang ada di usus si kecil. Intoleransi laktosa ini juga lebih sulit diatasi dibandingkan dengan alergi pada umumnya. Dalam kasus intoleransi laktosa, enzim laktose yang bertugas memecah molekul laktosa menjadi glukosa dan galaktosa tidak berfungsi dengan baik. Padahal, kedua senyawa inilah yang kemudian disebarkan dengan menumpang peredaran darah. Namun karena ketidakmampuan tubuh dalam memproses laktosa, hal ini justru memicu gangguan kesehatan.

 

Intoleransi laktosa ini bisa terpicu saat si kecil mengkonsumsi susu sapi atau susu formula anak. Gejala yang dialami biasanya nyeri pada bagian perut, terasa mual bahkan hingga diare. Jika si kecil mengalami hal tersebut setelah minum susu, ada kemungkinan si kecil memiliki intoleransi laktosa.

 

Susu Untuk Anak yang Mengalami Intoleransi Laktosa

Untuk anak yang mengalami intoleransi laktosa, satu-satunya pilihan adalah dengan mengganti susu yang biasa dikonsumsi dengan susu rendah atau bebas laktosa. Susu olahan seperti susu soya juga bisa jadi pilihan. Saat ini juga semakin banyak susu formula anak yang dibuat dari bahan soya. Bahkan ada juga susu formula rendah laktosa atau bahkan tanpa laktosa.

 

Saat memilih susu untuk anak yang mengalami intoleransi laktosa, para orang tua harus memastikan kandungan yang ada di dalamnya. Memeriksa label yang tertera juga menjadi keharusan. Namun yang tidak kalah penting lagi, kualitas susu formula anak harus tetap menjadi prioritas. Para orang tua bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan cara ini, menemukan susu formula alternatif seperti Morinaga Specialties juga akan terasa lebih mudah.

 

 

 

Salam,

KALBE Store