Anak Juga Bisa Depresi, Ini Tips Untuk Menghilangkannya

Anak Juga Bisa Depresi, Ini Tips Untuk Menghilangkannya

Depresi, mungkin tidak ada yang menyangka jika anak-anak juga bisa mengalaminya. Bagaimana mungkin anak-anak yang masih belum banyak terbebani pikirannya bisa mengalami gangguan psikologis seperti ini? Namun orang tua juga harus tahu. Anak-anak sangat rentan dengan perubahan suasana hati. Emosi mereka bisa saja tiba-tiba berubah. Pemicu kecil saja bisa membuatnya stres. Bahkan jika tidak segera diatasi, bisa berujuk depresi. Beberapa makanan memang bisa membantu memperbaiki suasana hati. Bahkan jika ingin yang lebih bergizi, ada susu formula rasa cokelat. Selain itu, tips berikut juga bisa membantu mengatasi depresi yang dialami sang buah hati.

 

Biarkan Anak Mengeluarkan Isi Hatinya

Jika Anda mendapati si kecil terlihat lebih murung atau tidak seperti biasanya, segera dekati. Tanyakan apa yang ia rasakan atau mengganggu pikirannya. Ciptakan suasana yang aman dan nyaman untuknya serta buat ia mengungkapkan isi hatinya. Dalam kondisi seperti ini, pada dasarnya manusia hanya ingin didengar. Karena itu, jadilah pendengar yang baik. Cara ini bisa meringankan beban pikiran si kecil.

 

Bantu Anak Memahami Masalah yang Dihadapinya

Anak-anak terkadang merasa cukup kesulitan untuk mengidentifikasi masalah yang tengah dihadapinya. Bantu ia menemukan permasalahan yang sebenarnya. Beri ia masukan untuk menghadapi permasalahan tersebut. Solusi yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan kapasitas anak. Jangan sampai solusi tersebut justru semakin membebaninya. Jika ia masih kelihatan ragu atau bahkan takut, yakinkan kepada si kecil bahwa ia tidak sendirian. Yakinkan bahwa Anda akan ada di sana untuk membantunya.

 

Ajak Si Kecil Untuk Berpikir Positif

Jika si kecil berperilaku negatif karena masalah yang dihadapinya, jangan terpancing untuk melakukan hal yang sama. Di sini, Anda justru harus bisa menyadarkan si kecil bahwa apa yang dilakukannya kurang tepat. Ajak ia berpikir lebih positif. Kembalikan semangatnya dan bangun kembali kepercayaan dirinya.

 

 

Perkembangan fisik dan mental adalah dua hal yang harus selalu dipantau oleh orang tua. Untuk urusan fisik, Anda memang bisa memberinya makanan sehat dan susu formula. Namun untuk urusan mental, anak juga membutuhkan pendampingan. Ia membutuhkan orang tuanya. Karena itulah, bangun paradigma kepada si kecil bahwa ia tidak sendirian. Agar pertumbuhannya lebih optimal, memberinya Susu Morinaga juga akan sangat membantu.

 

 

 

Salam,

KALBE Store