Ampuhnya Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan


Ampuhnya Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Ampuhnya Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak studi yang menyebutkan bahwa, teh hijau mampu menurunkan berat badan, sekaligus menjaga kesehatan Anda, sebab teh hijau merupakan minuman yang kaya akan antioksidan, dan mengandung berbagai zat gizi lain yang berguna bagi kesehatan. Benarkah demikian? Berikut penjelasan lebih jauh mengenai teh hijau, dan bagaimana peranannya untuk menurunkan berat badan Anda.

 

Tak salah jika para peneliti mengklaim teh hijau sebagai salah satu bahan yang dapat membantu program diet Anda, sebab teh hijau yang dilarutkan dalam air panas atau hangat mengandung beberapa zat bioaktif. Salah satunya, adalah zat kafein (24-40 mg dalam teh hijau). Meskipun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan yang terkandung dalam kopi, namun kehadiran zat kafein dalam teh hijau tetap memberikan efek yang berarti bagi tubuh. Kafein dapat membantu menghancurkan lemak, dan meningkatkan performa sehari-hari.

 

Selain itu, teh hijau juga kaya akan antioksidan, seperti catechins dan epigallocatechin gallate (EGCG) yang mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. EGCG mampu menghambat enzim yang dapat menghancurkan hormon norepinephrine, yang merupakan hormon yang digunakan oleh sistem saraf sebagai sinyal pada sel lemak untuk menguraikan dirinya. Jadi, semakin banyak hormon norepinephrine, maka semakin banyak juga lemak yang dihancurkan dalam tubuh. Lemak yang telah diuraikan tersebut akan dilepaskan menuju pembuluh darah, dan digunakan sebagai energi oleh sel-sel tubuh yang membutuhkan, termasuk sel-sel otot.

 

Nah, supaya hasilnya lebih maksimal, maka kombinasikan konsumsi teh hijau dengan olahraga secara teratur, karena beberapa penelitian menyebutkan bahwa, dengan mengonsumsi teh hijau dan berolahraga, maka proses pembakaran lemak akan dapat ditingkatkan hingga 17%, dibandingkan dengan proses pembakaran lemak yang terjadi pada tubuh seseorang yang tidak mengonsumsi teh hijau.

 

Meskipun efek teh hijau berbeda-beda dalam mengurangi kadar lemak dalam tubuh seseorang, namun teh hijau telah terbukti mampu mengurangi lemak visceral alias lemak yang terkumpul di area abdominal (perut), dan merupakan jenis lemak yang berbahaya bagi tubuh, karena dapat meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit degeneratif, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Selain itu, teh hijau pun mampu menurunkan berat badan dengan cara menurunkan napsu makan, sehingga menghindari Anda dari kebiasaan makan berlebihan. Jadi, jika Anda sedang berdiet, cobalah untuk minum teh hijau dengan lebih teratur ya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store