5 Alasan Kenapa Susu Ibu Hamil Penting dikonsumsi

5 Alasan Kenapa Susu Ibu Hamil Penting dikonsumsi

Susu ibu hamil merupakan salah satu asupan penting bagi ibu hamil selama mengandung si buah hati. Kecukupan nutrisi tidak hanya diperlukan untuk Anda, tetapi juga baik untuk janin yang ada di dalam kandungan Anda.

 

Untuk itu, penting kiranya jika seorang ibu memilih asupan gizi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan juga bagi bayinya. Berikut beberapa kandungan baik yang diformulasikan di dalam susu ibu hamil:

 

 

Protein

Protein penting bagi Anda yang sedang hamil, zat ini bermanfaat  untuk membentuk jaringan pada tubuh si calon bayi seperti pembentukan otot-otot dan juga menjaga kesehatan tulang.

 

Protein juga penting untuk pembentukan darah dan juga pembentukan air ketuban yang sehat, juga menjadi antibodi untuk ibu hamil dan janin. Ibu hamil membutuhkan asupan protein sebesar 60 gram per hari.

 

Kalsium

Kandungan kalsium pada susu ibu hamil penting untuk pembentukan tulang dan gigi pada bayi yang lahir kelak. Kalsium juga mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu hamil.

 

Vitamin D

Nutrisi ibu hamil ini penting untuk membantu pembentukan tulang dan juga beberapa jaringan sel pada bayi.

 

Kalori

Kalori penting untuk sumber energi bagi ibu hamil. Total kalori yang dibutuhkan ibu hamil per hari adalah 2400 kalori. Dalam satu gelas susu ibu hamil biasanya mengandung 150 kalori. Pemenuhan kalori bisa berasal dari makanan dan juga dari berbagai minuman sehat (tidak semua dari susu).

 

Zat Besi

Nutrisi zat besi ini dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil. Manfaat zat besi untuk ibu hamil juga membantu menguatkan ibu saat persalinan dan membangun sistem enzim yang penting untuk pembentukan ASI (air susu ibu). Setiap harinya, ibu hamil membutuhkan zat besi sebesar 30 mg. kandungan zat besi kadang hanya terkandung dalam beberapa susu.

 

Kenapa Harus Susu ?

 

– Meminum susu untuk ibu hamil penting bagi seorang ibu hamil agar kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi.

 

– Sebagian ibu sering mengalami gangguan kehamilan karena kekurangan nutrisi ketika hamil. Tetapi, jika ibu mampu memenuhi asupan nutrisi, berbagai gangguan itu dapat dihindarkan dengan cara mengonsumsi susu untuk ibu hamil.

 

– Minum susu untuk ibu hamil bukan merupakan hal wajib. Apabila ibu tidak mengalami gangguan kehamilan seperti mual saat makan. Namun jika ibu masih membutuhkan banyak zat agar perkembangan bayi menjadi optimal. Sebaiknya mengonsumsi susu ibu hamil 2 kali sehari.

 

– Bagi ibu hamil yang sering mual dan mengalami kesulitan makan saat hamil, maka akan lebih baik bagi ibu untuk mengkonsumsi susu ibu hamil agar nutrisi bagi ibu dan janin tetap terpenuhi.

 

– Bagi ibu hamil yang sudah mampu memenuhi nutrisi melalui makanan sehari-hari justru lebih baik minum susu ibu hamil, karena minum susu ibu hamil bisa meningkatkan kebutuhan gizi tambahan yang dibutuhkan tubuh dan perkembangan janin.

 

 

 

Salam,

KALBE Store