Kenapa Ibu Hamil Dianjurkan Untuk USG? Berikut Alasannya

Kenapa Ibu Hamil Dianjurkan Untuk USG? Berikut Alasannya

Lancar menjalani masa-masa kehamilan adalah impian setiap wanita. Sesulit apapun tantangan yang menanti, semua harus dilalui dengan penuh percaya diri. Konsumsi makanan harus dijaga. Makan makanan sehat hingga minum susu ibu hamil akan menjadi rutinitas baru bagi para ibu hamil. Namun masih ada satu lagi rutinitas yang tidak boleh diabaikan. Pemeriksaan kondisi kehamilan, khususnya USG harus dilakukan secara berkala. Dengan cara inilah Anda bisa mengetahui kondisi janin dan mendeteksi potensi masalah sebelum berkembang menjadi lebih serius. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat USG bagi ibu hamil dan janin.

 

Memastikan Kehamilan

Munculnya ciri-ciri kehamilan tidak menjadi jaminan Anda benar-benar hamil. Karena bisa saja, semua itu hanya merupakan kehamilan palsu. USG menjadi salah satu jalan untuk memastikannya. Melalui USG inilah, semuanya akan semakin jelas.

 

Memantau Perkembangan Janin

Anda memang bisa memantau perkembangan janin melalui ukuran perut atau menghitungnya secara manual. Akan tetapi Anda tidak bisa melihat apa sebenarnya yang terjadi pada janin Anda. Di sini Anda bisa melihat perkembangan struktur janin. Perkembangan tulang, otak hingga organ-organ lainnya, semua itu bisa dipantau dengan USG.

 

Mendeteksi Kecacatan

Risiko bayi lahir cacat tidak hanya bisa ditekan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi. Pemeriksaan rutin juga dibutuhkan. Melalui USG, Anda bisa mendeteksinya lebih dini. Dari sini jugalah dokter bisa memberi rekomendasi mengenai apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah bayi lahir cacat termasuk menjaga asupan nutrisi dan minum susu ibu hamil.

 

Memastikan Jenis Kelamin Calon Bayi

Anda bisa mengetahui jenis kelamin si kecil bahkan sebelum ia lahir melalui USG. Ini bisa diketahui saat memasuki trimester ketiga. Akurasinya pun cukup tinggi. Bahkan persentasenya sampai menyentuh angka 95%.

 

 

Di tiap trimesternya, pemeriksaan USG harus dilakukan. Lebih tepatnya, Anda bisa melakukannya setiap awal trimester dan menjelang kelahiran. Jangan lupa juga. Konsumsi makanan sehat. Minum susu ibu hamil juga perlu. Mungkin akan terasa cukup sulit untuk sekedar makan sehat saja. Untuk itu, Anda bisa memilih susu rasa cokelat. Banyak susu hamil yang memiliki varian rasa ini. Meski demikian, pastikan untuk memilih susu bergizi seimbang seperti Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store