Aktivitas yang Dilakukan Bersama Anak Selama Work From Home

Aktivitas yang Dilakukan Bersama Anak Selama Work From Home

Penyebaran Covid-19 di Indonesia masih terus menambah korban. Bahkan semakin hari, korban jiwa juga semakin bertambah di Tanah Air. Hingga saat ini saja, sudah sebanyak 1.414 pasien yang positif terkena virus corona.

 

Peningkatan jumlah pasien positif di Indonesia membuat pemerintah mengambil langkah tegas untuk mencegah penyebaran virus. Salah satunya memperketat social distancing dengan menambah durasi libur sekolah bagi pelajar dan menghimbau pekerja untuk melakukan work from home.

 

Memang dengan membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah, akan mempersempit kemungkinan penularan covid-19. Namun tentu Anda akan merasakan efek bosan karena terus-terusan berada di rumah demi keamanan keluarga. Nah, agar Anda tidak bosan, berikut ada 5 aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama Si Kecil selama melakukan work from home dan belajar di rumah.

 

1. Olahraga bersama

 

 

 

menjaga tubuh sehat dengan olahraga bersama anak selama work from home

 

 

 

Kesibukan Anda untuk bekerja selama ini mungkin menjadi salah satu alasan tidak melakukan olahraga. Padahal, setiap orang membutuhkan olahraga agar tubuh tetap senantiasa bugar dan sehat. Anak juga biasanya akan melakukan olahraga saat bersekolah. Nah, agar kebiasaan hidup sehat ini tidak hilang, Anda dapat melakukan olahraga bersama dengan Si Kecil. Sebagai rekomendasi, Anda bisa bersama-sama melakukan olahraga senam, yoga, atau stretching di dalam rumah. Sedangkan bagi Anda yang memiliki halaman di rumah, bermain badminton atau bola bisa menjadi pilihan berolahraga bersama anak.

 

2. Bekerja dan belajar bersama

 

Walaupun sekolah menerapkan libur sekolah pada siswa-siswinya, bukan berarti anak Anda tidak belajar sama sekali ya. Sebab pemerintah menganjurkan untuk belajar jarak jauh di rumah. Sehingga para guru pun memberikan beberapa tugas rumah agar anak-anak tetap mengingat materi pelajaran yang telah diberikan. Untuk itu, Anda perlu mendampingi anak untuk belajar sekaligus bekerja dari rumah. Buatkan jadwal bekerja dan belajar bersama di rumah secara disiplin. Meski Anda harus bekerja dan anak belajar, usahakan untuk membuat suasana yang santai dan menyenangkan. Misalnya dengan menyiapkan makanan ringan atau diselingi dengan bermain agar tidak membosankan.

 

3. Bermain

 

 

 

luangkan waktu untuk bermain bersama anak selama work from home

 

 

Hal positif lainnya yang dapat Anda lakukan selama work from home adalah meluangkan waktu bersama anak. Anda dapat melakukan berbagai macam permainan bersama anak atau seluruh keluarga. Banyak pilihan jenis mainan yang bisa dimainkan bersama seperti boarding game, permainan fisik, permainan edukatif, hingga game online. Bahkan, Anda juga bisa menerapkan hukuman atau hadiah untuk menambah keseruan permainan lho!

 

4. Melakukan pekerjaan rumah bersama

 

Mungkin selama ini pekerjaan membersihkan rumah hanya dilakukan oleh Ibu atau asisten rumah tangga. Namun kini, anggota keluarga yang lengkap di rumah bisa saling membantu untuk melakukan pekerjaan rumah lho. Buatkan jadwal untuk menjalankan aktivitas ini secara bergilir dan rutin ya. Dengan membersihkan rumah bersama, akan lebih meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab, serta mengurangi ketergantungan pada asisten rumah tangga. Selain itu, anak juga akan belajar untuk menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari kuman, bakteri, serta virus corona dengan menggunakan disinfektan.

Oya, ajak juga anak masak bersama untuk menyiapkan menu sarapan, makan siang, makan malam, hingga membuat camilan. Kegiatan memasak akan menambah tingkat kreativitas Si Kecil. Terutama saat membuat resep baru bersama anak.

 

5. Membaca 

 

Seperti yang Anda tahu, intensitas penggunaan gawai pada anak tidak baik bagi tumbuh kembangnya. Selama bersama-sama di rumah, tentunya Anda akan memiliki waktu luang untuk mengawasi penggunaan gawai oleh anak. Ganti kebiasaan bermain game atau menonton video online dengan membaca. Selain memberikan edukasi, membaca dapat meningkatkan interaksi serta kreativitas anak. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi yang memberikan fitur tambahan seperti buku yang bisa berbunyi atau memiliki gambar yang bergerak.

 

Itulah daftar kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di rumah bersama anak. Walaupun saat ini Indonesia sedang dalam kondisi darurat corona, bukan berarti Anda tidak dapat melakukan hal yang menyenangkan bersama anak. Asal Anda tetap ingat untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Berikan juga nutrisi tambahan dari Morinaga Chil School Platinum. Dengan formula MoriCare Zigma, Chil School Platinum mendukung Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh, dan Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil. Apalagi kandungan Laktoferin yang merupakan protein alami untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

 

 

beri nutrisi terbaik Morinaga Chil School Platinum untuk memperkuat daya tahan tubuh anak

 

 

 

Yuk dapatkan segera Morinaga Chil School Platinum dengan mudah di sini. Sebab KALBE Store menjual susu formula terbaik & susu pertumbuhan anak online. Sehingga Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan berbelanja dari rumah. Temukan juga promo susu formula anak terbaik & susu pertumbuhan anak hanya di KALBE Store.

 

Salam,

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200318141505-284-484590/rekomendasi-kegiatan-bersama-anak-saat-self-isolation-corona

https://kumparan.com/skata/6-aktivitas-seru-yang-bisa-dilakukan-bersama-anak-di-rumah-saat-lockdown-1t30dVI3WWk