Ajari Si Kecil Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar Yuk


Ajari Si Kecil Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar Yuk

Ajari Si Kecil Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar Yuk

Sedari kecil, anak harus mulai diajari dan dilatih untuk dapat menjaga kebersihan tubuhnya, seperti diajari cara menyikat gigi, cara mencuci tangan yang baik dan benar, dan lainnya. Kebiasaan mencuci tangan merupakan salah satu hal yang harus Anda ajarkan kepada anak, sebab banyak sekali manfaat yang bisa didapat olehnya dari satu kebiasaan kecil ini.

 

Selama proses tumbuh-kembangnya, tak hanya fisiknya saja yang mengalami perubahan, namun juga kemampuan kognitif atau otaknya. Maka, jangan heran jika ia semakin sering bertanya ini dan itu kepada Anda, karena seiring dengan pertambahan usianya, si kecil memang mengalami pertumbuhan pada rasa ingin tahu. Ia pun jadi memiliki keinginan untuk mengetahui segalanya. Suatu hal yang menarik perhatiannya akan segera menjadi sasaran untuk dijadikan mainan, tanpa memikirkan risiko dan kebersihan dari benda tersebut.

 

Oleh karena hal inilah, tanpa disadarinya, si kecil jadi begitu mudahnya terkena kuman maupun bakteri. Nah, dengan sering mencuci tangan, ia dapat terhindar dari penyebaran dan terjangkitnya suatu penyakit. Sebagai contoh saja, menurut sebuah studi, mencuci tangan dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan sebesar 16%. Belum lagi dengan risiko-risiko gangguan kesehatan lainnya, seperti gangguan pencernaan dan penyakit kulit.

 

Nah, jadi seperti apa sih cara mencuci tangan yang sesuai dengan khaidah kesehatan? Berikut cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO/World Health Organization):

 

  • Basahi tangan di bawah air yang mengalir,
  • Pakai sabun dalam jumlah yang cukup untuk mencuci seluruh tangan,
  • Usapkan sabun di antara telapak tangan,
  • Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian,
  • Gosok di antara sela-sela jari,
  • Katupkan tangan untuk membersihkan ujung-ujung jari,
  • Gosokan secara memutar ibu jari tangan kiri pada genggaman tangan kanan, dan sebaliknya,
  • Gosokan secara memutar jari-jari tangan kiri pada telapak tangan kanan, dan sebaliknya,
  • Lakukan selama kurang lebih 3 menit,
  • Bilas dengan air mengalir, serta
  • Keringkan dengan handuk, dan gunakan handuk tersebut untuk mematikan keran.

 

Sudah mengerti kan, bagaimana cara mencuci tangan yang baik? Memang tidak mudah untuk Ibu mengajari dan menumbuhkan kebiasaan anak untuk mau mencuci tangan dengan kesadarannya sendiri. Tapi, jika dibiasakan sejak dini, anak akan terbiasa melakukannya kala ia besar nanti, kok. Untuk hasil yang optimal, Ibu dan Ayah harus menjadi panutan yang bisa ia contoh, ya. Pastikan ibu dan ayah pun mengetahui dan menerapkan cara mencuci tangan yang baik di manapun Anda berada, terutama di hadapan si kecil. Ingatlah, anak adalah peniru ulung. Jika ia melihat Anda terbiasa mencuci tangan, ia pun pastinya akan terdorong untuk melakukan hal yang sama.

 

Salam,

KALBE e-Store