Ajari Anak Manfaat Buah

Ajari Anak Manfaat Buah

Buah sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh si kecil, terutama karena manfaat buah sangat baik untuk mereka yang sedang mengalami masa pertumbuhan, dan membutuhkan banyak asupan nutrisi. Yuk, ajari si kecil mencintai buah sedari dini dengan beberapa langkah berikut.   Buah biasanya cukup disenangi oleh anak-anak, apalagi jika mereka telah terbiasa untuk mengonsumsinya selama masa balita sebagai makanan pendamping ASI. Masalahnya, beberapa anak hanya menyukai jenis buah tertentu, misalnya buah dengan rasa yang manis, dan menolak untuk mengonsumsi buah dengan rasa yang tidak mereka senangi. Nah, bagaimana caranya membuat lidah mereka bersahabat dengan berbagai jenis buah? Mungkin beberapa tips sederhana berikut bisa membantu Anda.

  • Jadikan diri Anda sebagai contoh. Bukan rahasia lagi, anak sering meniru perilaku orang tua mereka. Karena itu, jadilah panutan yang baik, dan konsumsilah berbagai jenis buah-buahan. Jangan lupa, sisipkan sedikit ‘contekan’ mengenai manfaat buah, misalnya dengan berkata, “Mama sedang makan pisang nih Nak, supaya mata mama sehat terus,” dan sebagainya.

 

  • Ajak dia berkenalan aktif dengan buah, misalnya dengan cara berkunjung ke taman buah, turut memanen buah melalui program memetik stroberi, atau sekedar ikut belanja, dan memilih buah di pasar maupun supermarket. Dengan begitu, dia akan mengenal berbagai macam buah, dan mengetahui lebih banyak tentang bagaimana buah tumbuh hingga matang dan bisa dikonsumsi dengan aman.   

 

  • Sediakan camilan buah untuk anak. Biasakan ia mengonsumsi buah sebagai kudapan. Campur beberapa buah dengan berbagai warna menarik dan sediakan bahan celupan, seperti cokelat atau yoghurt, misalnya. Kombinasikan juga buah sebagai bahan pelengkap cake, tart, pudding maupun pie, dan ajak si kecil ikut berperan aktif dalam membantu memasak, atau menyiapkan camilan favoritnya.

 

  • Buatkan dia mixed juice. Daripada mengonsumsi minuman kemasan yang tinggi kadar gulanya, seperti soda atau minuman kemasan lainnya, buatkan anak jus buah yang dibuat dari berbagai campuran buah. Usahakan mencampurkan kurang lebih 3 jenis buah dengan berbagai warna dan rasa, sehingga si kecil terbiasa untuk menjadi ‘petualang rasa’. Plus, buah-buahan dengan warna berbeda biasanya memiliki nutrisi yang berbeda-beda juga, sehingga manfaat buahnya akan menjadi lebih besar.

 

Nah, jika Anda tak memiliki waktu untuk memberinya camilan buah atau jus buah segar, Anda bisa memberinya jus kotak kemasan yang terbuat dari 100% buah alami, salah satunya adalah Tipco Kiwi dari Kalbe. Terbuat dari kiwi dengan rasa yang enak dan aman dikonsumsi oleh anak, Tipco Kiwi bisa dijadikan salah satu variasi camilan buah untuk si kecil.  Enaknya dapat, manfaat buahnya juga dapat.

 

Salam,

KALCare