Air Kelapa: Upaya Menjaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

Air Kelapa: Upaya Menjaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

Penyebaran covid-19 di Indonesia sampai dengan hari ini sudah mencapai angka 91.751 pasien yang terinfeksi. Besarnya angka penyebaran ini terjadi setelah penerapan new normal di Tanah Air. Bahkan jumlah ini membuat Indonesia masuk ke dalam daftar 10 Negara di Asia dengan kasus positif corona tertinggi.

 

Hubungan antara penyakit penyerta dengan risiko infeksi covid-19

 

Meskipun bukan Negara yang pertama kali terinfeksi, tetapi jumlah positif covid-19 di Indonesia justru melebihi Negara yang sudah terinfeksi terlebih dahulu seperti Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Setelah di dalami, ternyata terdapat faktor pemicu kasus positif dan kematian akibat covid-19 di Indonesia. Faktor tersebut ternyata adanya penyakit komorbid atau penyakit penyerta pasien positif corona. Penyakit komorbid atau penyakit penyerta sejak awal memang sudah ada di dalam tubuh atau diderita oleh pasien. Hal ini dapat terjadi karena pola hidup yang tidak sehat atau penyakit keturunan. Beberapa contoh penyakit komorbid di antaranya seperti hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

 

Menurut DR. med, dr. Maya Surjadjaja, M.Gizi, Sp.GK, FAAMFM, penderita penyakit komorbid seperti cardiometabolic sudah memiliki peradangan kronis di dalam tubuhnya sejak lama. Kondisi tersebut akan mempengaruhi sistem imunitas tubuh menjadi menurun. Faktor kedua, adanya reseptor ACE2, yaitu enzim yang menempel pada permukaan luar membran sel, pada hampir semua organ. Misalnya pada paru-paru, arteri, jantung, ginjal, dan usus. Reseptor ini memiliki afinitas yang kuat dengan coronavirus. Ikatan inilah yang membuat reseptor ACE2 dapat membantu virus corona masuk ke dalam sel inang di dalam tubuh manusia. Itulah yang membuat covid-19 ada pada organ-organ tertentu sehingga menimbulkan gejala-gejala yang sangat bervariasi, seperti gangguan pernapasan, batuk, radang tenggorokan, nyeri sendi, hingga diare. Jika organ-organ tertentu sejak awal sudah bermasalah, akan memberikan dampak yang lebih buruk. Dijelaskan lebih lanjut, afinitas SARS-CoV-2 lebih tinggi dibanding MERS ataupun SARS, sehingga coronavirus sangat mudah dan cepat menular pada satu individu ke individu lainnya.

 

Pengaruh air kelapa bagi penyakit komorbid

 

Melihat risiko penyakit komorbid, tentu Anda menginginkan tindakan khusus untuk mencegah infeksi coronavirus pada penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Tentu saja bisa kok! Upayanya cukup mudah, yaitu dengan menjaga asupan nutrisi, pola tidur yang tepat, mengelola stres, dan berolahraga secara rutin.

 

manfaat air kelapa dalam mencegah penyebaran covid

 

Anda juga dapat memanfaatkan air kelapa untuk mencegah risiko penyakit komorbid melalui minuman sehat Hydro Coco. Air kelapa muda dapat memenuhi kebutuhan cairan agar tubuh tidak dehidrasi, dan daya tahan tubuh menjadi turun. Air kelapa memiliki mineral potasium atau kalium yang bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit stroke dan penyakit jantung koroner.

 

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa adalah L-arginine yang merupakan asam amino yang dapat menghasilkan nitric oxide. Nitric oxide dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga memperbaiki aliran darah arteri ke jantung dan mencegah penggumpalan darah. Selain itu, L-arginine dapat mengurangi radikal bebas untuk meminimalisir stres oksidatif pada sel-sel jantung. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara mengonsumsi air kelapa sebanyak 300 ml, dua hari sekali.

 

Bagi penderita diabetes atau pencegahan penyakit kencing manis, air kelapa juga dapat memberikan manfaat tersendiri. Kandungan magnesium dalam air kelapa dapat membuat insulin lebih sensitif, sehingga mencegah terjadinya resistensi insulin pada penderita diabetes, penyakit kencing manis, dan berat badan berlebih. Belum lagi kandungan serat yang dapat menjadi asupan nutrisi bagi penderita diabetes. Tentunya harus diimbangi juga dengan pola hidup sehat ya!

 

Manfaat lainnya dari air kelapa adalah dapat memengaruhi kadar leptin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur berat badan tubuh, metabolisme, hingga reproduksi. Kadar antioksidan yang tinggi dalam air kelapa juga mampu mengurangi lemak jahat, menurunkan kolesterol, sekaligus menjaga organ hati. Karena memang pada dasarnya air kelapa merupakan minuman yang mengandung zat-zat antiinflamasi atau antiperadangan.

 

Air kelapa sebagai minuman selepas olahraga

 

Walaupun selama pandemi covid-19 perlu mengurangi aktivitas di luar rumah, bukan berarti Anda hanya berdiam diri atau bersantai selama di rumah. Imbangi dengan aktivitas fisik seperti berolahraga baik di dalam atau di luar rumah. Sebab olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit penyerta di kemudian hari. Setelahnya Anda dapat mengonsumsi air kelapa untuk mengembalikan kesegaran tubuh karena mudah ditoleransi oleh tubuh meski kandungan natriumnya relatif rendah.

 

Aturan mengonsumsi air kelapa

 

Setiap individu dianjurkan untuk memenuhi asupan cairan tubuh sebanyak 2 liter. Sebanyak 1.500 ml bisa didapatkan dengan air putih. Sedangkan sisanya sebanyak 500 ml bisa didapat dari air kelapa. Tetapi anjuran ini hanya boleh diterapkan oleh orang dewasa yang sehat. Bagi penderita aritmia, insufisiensi ginjal atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi air kelapa. Dapatkan air kelapa asli Hydro Coco dengan mudah di sini.

 

dapatkan manfaat air kelapa asli untuk mencegah covid melalui Hydro Coco

 

Jangan lupa juga ya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah covid-19. Seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, serta menggunakan masker saat keluar rumah. Semoga dengan menerapkan gaya hidup sehat dapat memberikan efek positif terhadap penyebaran covid-19 di Indonesia.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3641517/bahaya-penyakit-penyerta-pada-pasien-covid-19