Agar Produksi ASI Tetap Lancar, Hindari Kebiasaan Berikut Ini


Agar Produksi ASI Tetap Lancar, Hindari Kebiasaan Berikut Ini

Agar Produksi ASI Tetap Lancar, Hindari Kebiasaan Berikut Ini

Ada fenomena yang cukup menarik menarik pada ibu-ibu muda. Tidak sedikit di antara mereka yang kerap diliputi rasa khawatir akan kualitas ASInya. Apakah produksinya cukup? Bagaimana kalau ASI tidak mau keluar? Kekhawatiran seperti ini terkadang tidak relevan dengan kondisi yang sebenarnya. Padahal faktanya ibu-ibu tersebut memiliki kemampuan untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup. Apalagi jika selama kehamilan mereka menjaga kesehatannya dengan baik dan minum susu ibu hamil secara teratur. Untuk membantu menjaga agar produksi ASI tetap lancar. Anda juga perlu menghindari kebiasaan berikut ini.

 

Mengonsumsi Banyak Kafein

Bagi ibu menyusui yang tidak bisa lepas dari kafein, sebaiknya pikirkan lagi. Minuman seperti soda, kopi dan teh memang tidak langsung membuat produksi ASI terhambat. Akan tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, kafein di dalamnya bisa mengurangi produksi ASI. Kualitas ASI juga menurun karenanya.

 

Mengonsumsi Herbal dan Rempah-Rempah dalam Jumlah Banyak

Herbal dan rempah-rempah sebenarnya baik untuk kesehatan. Akan tetapi keduanya memiliki kesamaan dengan obat. Konsumsinya harus sesuai dengan aturan. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak justru kontra produktif, terlebih untuk rempah seperti oregano, peterseli dan daun mint.

 

Kurang Menjaga Pola Makan

Produksi ASI sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Jika kurang nutrisi atau pola makannya berantakan, jelas ini akan mempengaruhi produksi ASI. Inilah yang biasanya membuat ASI jadi sulit keluar. Untuk itu, pastikan kebutuhan nutrisi harian selalu terpenuhi. Ini juga bisa dipersiapkan sejak masa kehamilan melalui konsumsi susu ibu hamil.

 

Mengabaikan Stres

Kurang tidur di malam hari hingga tanggung jawab lain yang harus dipenuhi bisa membuat ibu menyusui stres. Padahal stres sendiri banyak mempengaruhi produksi ASI. Inilah yang kemudian membuat ASI sulit keluar. Mulailah untuk mengendalikan stres. Meditasi dan olahraga juga bisa membantu.

 

Gaya hidup sehat bisa menjadi jawaban untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI. Terapkan dengan disiplin. Jika di masa kehamilan Anda sudah rutin mengonsumsi susu ibu hamil, ini berarti Anda sudah memulainya dengan baik. Namun untuk membantu menjaga produksi ASI selama masa menyusui, Anda akan membutuhkan Susu Prenagen menyusui.

 

 

 

Salam,

KALBE Store