Agar Berat Badan Kembali Normal Pasca Melahirkan


Agar Berat Badan Kembali Normal Pasca Melahirkan

Agar Berat Badan Kembali Normal Pasca Melahirkan

Pasca melahirkan, berat badan ibu biasanya akan turun hingga 6-7 kg. Namun, hal tersebut tidak berarti berat badan dan bentuk tubuh ibu serta merta kembali normal.

Memang, ibu tidak dapat mengharapkan berat badan ibu segera menyusut ke kondisi normal, atau langsung langsing pasca melahirkan, terutama jika Anda sebelumnya mengalami obesitas. Oleh karena itu, diperlukan trik-trik untuk mengembalikan berat badan ibu ke ukuran normal seperti saat ibu belum mengandung.

 

Sebelum melangkah lebih jauh, ibu perlu menyadari bahwa, selama masa kehamilan, terdapat banyak perubahan pada tubuh ibu, seperti perubahan bentuk dan ukuran payudara, perubahan kelengkungan tulang punggung, meregangnya dinding perut, dan terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Perubahan tersebut dapat diantisipasi dengan latihan pada otot perut dan punggung, serta latihan kegel. Kedua latihan ini, selain menjaga dan dapat membantu menurunkan berat badan Anda pasca melahirkan, juga akan memperkuat otot dan tulang selama masa kehamilan, dan membantu kelancaran persalinan.

 

Pada saat hamil, ibu tidak disarankan untuk melakukan diet. Namun, bukan berarti ibu jadi punya tiket tak terbatas untuk mengonsumsi semua jenis makanan yang ibu sukai tanpa terkontrol. Ibu tentunya harus memperhatikan asupan nutrisi, baik bagi ibu maupun bagi janin. Hindari makanan dan camilan yang tidak sehat, serta kurangi konsumsi garam yang terdapat dalam makanan. Dengan mengendalikan makanan, maka ibu dapat menghindari kenaikan berat badan yang terlampau drastis.

 

Pasca melahirkan, disarankan Anda memberikan ASI ekslusif, karena menyusui diketahui mampu membakar hingga 400 kalori! Selain itu, perbanyaklah minum air putih, konsumsi makanan yang sehat, dan kembali rutin berolahraga. Sebenarnya, olahraga juga penting dilakukan sebelum dan selama masa kehamilan, agar badan sehat dan kenaikan berat badan dapat diatur. Namun, tentu saja, saat hamil ibu perlu memilih bentuk olahraga yang tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan ibu dan janin yang dikandung, ya. Konsultasikan bentuk olahraga yang tepat dengan konsultan kebugaran Anda, agar tidak salah memilih bentuk olahraga untuk dilakukan.

 

Selepas melahirkan, tubuh perlu penyesuaian terhadap bentuk tubuh yang baru. Jadi, Anda jangan berharap untuk dapat langsung langsing setelah melahirkan, ya. Rahim, misalnya, baru akan kembali ke ukuran normal setelah 4 minggu pasca melahirkan. Sedangkan, tubuh akan menyisakan berat badan hingga 1-2 kg ketika berat badan Anda mulai kembali normal. Rata-rata, tubuh memerlukan waktu hingga 6 bulan agar bentuk dan berat kembali normal. Namun, tentu saja ini sangat tergantung pada kondisi tubuh ibu sendiri, dan angka kelahiran yang sudah ibu jalani.

 

Yang terpenting, tetaplah merasa nyaman dengan apapun bentuk tubuh Anda pasca melahirkan. Ingatlah bahwa suami dan anak Anda akan mencintai Anda sebagaimana layaknya diri Anda. Kecantikan yang muncul dari dalam selalu lebih baik, bukan?

 

Salam,

KALBE e-Store