Agar Anak Berprestasi di Sekolah, Bantu Ia Belajar dengan Cara Ini


Agar Anak Berprestasi di Sekolah, Bantu Ia Belajar dengan Cara Ini

Agar Anak Berprestasi di Sekolah, Bantu Ia Belajar dengan Cara Ini

Memiliki anak berprestasi adalah impian setiap orang tua. Untuk mewujudkannya, orang tua pun berlomba-lomba untuk melakukan berbagai upaya, misalnya dengan mendaftarkan anak pada les atau pelajaran tambahan. Lalu, apa lagi kah yang dapat orang tua lakukan agar anak bersemangat belajar, hingga menjadi anak berprestasi? Berikut ini daftarnya.

 

  • Ciptakan lingkungan yang mendukung untuk belajar, karena inilah yang menentukan kebiasaan dan disiplin belajar anak. Tetapkan jadwal belajar di rumah yang perlu dipatuhi anak secara teratur, di mana pada saat itu, tidak boleh ada gangguan dari media atau perangkat gadget manapun. Seluruh anggota keluarga pun harus berkomitmen untuk mendukung jadwal ini, sehingga sang anak termotivasi dan disiplin. Orang tua juga harus turut serta, misalnya menggunakan waktu tersebut untuk mengajari anak, atau justru untuk memperkaya pengetahuan bagi dirinya sendiri. Anak akan mencontoh orang tuanya. Ketika orang tua senang membaca, anak pun akan mengikutinya. Maka, jadilah role model yang baik untuk anak, ya.

 

  • Jalin hubungan yang baik dengan guru di sekolah. Berpartisipasilah dalam kegiatan di sekolah, dan seringlah berkomunikasi dengan guru, apabila ada hal yang dianggap tidak sesuai. Pantau terus perkembangan anak. Jika ternyata sang anak sulit berkonsentrasi, tidak ada salahnya minta tolong kepada guru agar sang anak duduk di bangku depan agar ia bisa lebih termonitor, dan menyerap ilmu pengetahuan dengan lebih baik.

 

  • Ajak anak untuk menuliskan jadwal ujiannya, sehingga orang tua mengetahui kapan anak harus didukung untuk belajar lebih serius. Jangan lupa untuk membiasakan anak agar bercerita tentang apa yang dialaminya di sekolah. Ajarkan juga kepadanya untuk selalu memiliki buku catatan.

 

  • Mulailah dengan positif, dan berbicaralah dengan positif. Anak butuh motivasi agar rajin belajar, terutama ketika ia mendapatkan nilai yang kurang baik. Yakinkan bahwa kecerdasan anak didapat dari kerja keras dan rajin belajar, bukan karena keberuntungan atau faktor keturunan semata.

 

  • Selingi waktu belajar dengan bermain, dan gunakan permainan untuk membantu anak belajar. Materi pembelajaran dalam bentuk lain juga bisa digunakan, misalnya CD.

 

  • Orang tua juga harus memberikan asupan makanan yang bergizi, yaitu mengandung 4 sehat 5 sempurna. Selain sayur dan buah, susu juga sangat penting untuk perkembangan otak. Cemilan pun dapat membantu anak bersemangat belajar. Oleh karenanya, siapkan cemilan sehat, seperti sate buah.

 

Nah, bagaimana, ayah dan ibu? Siapkah kita berkomitmen untuk mendukung buah hati kesayangan meraih nilai-nilai terbaik di sekolah, dan menjadi anak berprestasi? Semangat ya.

 

Salam,

KALBE e-Store