8 Tips Merawat Anak Sakit

8 Tips Merawat Anak Sakit

Ini merupakan momok terbesar bagi semua orang tua. Hari secerah apapun akan segera berganti kelabu saat mendapati anaknya tidak berada dalam kondisi yang prima. Apalagi saat melihat buah hatinya terbaring lemas, tak berdaya menghadapi serangan penyakitnya. Daya tahan tubuh si kecil memang belum sempurna. Karena itulah, ia pun rentan terhadap berbagai penyakit. Beberapa yang paling umum adalah demam, flu dan batuk, asma, sesak napas, infeksi telinga, radang tenggorokan, serta gangguan pencernaan.

 

Wajar saja jika kepanikan dan kecemasan menggantungi diri Anda sebagai orang tua saat dihadapkan pada si kecilnya yang sedang sakit. Tak hanya memikirkan biaya pengobatan si kecil, Anda juga mesti menghadapi keluhan fisik, medis dan emosional anak.

 

Namun, bukan berarti Anda boleh tenggelam dalam kepanikan. Ingatlah bahwa, di saat sedang sakit seperti ini, justru si kecil semakin membutuhkan dukungan, perhatian dan perawatan dari Anda. Dan, kami memiliki 8 tips untuk membantu Anda merawat si kecil yang sedang sakit dengan lebih baik. Silakan disimak.

 

8 Tips Merawat Anak Sakit

1. Cermati gejala yang dialami anak Anda dengan seksama. Anak-anak, terutama yang masih berusia belia, mungkin belum bisa menyampaikan dengan tepat keluhan-keluhan yang dirasakannya. Karena itulah, tugas Anda adalah memeriksa semua gejala yang dirasakan si kecil. Apakah ia demam? Seberapa tinggi suhu tubuhnya? Apakah ia merasakan sakit? Di bagian tubuh yang mana?, dan sebagainya.

 

2. Jangan perlihatkan ketakutan dan kepanikan Anda di depan si kecil. Anda harus menjaga emosi Anda, agar si kecil juga bisa merasa lebih nyaman. Selain itu, jika Anda tetap tenang dan tidak panik, Anda pun bisa memperhatikan dan merawat si kecil dengan lebih baik, serta bisa berpikir lebih jernih, jika si kecil butuh perhatian yang mendesak.

 

3. Buatlah si kecil merasa nyaman. Jika selama ini Anda cukup keras menerapkan disiplin pada si kecil, ketika ia sakit tak ada salahnya jika Anda sedikit memanjakannya. Berikan ia ijin untuk tidak masuk sekolah selama ia belum pulih bisa menjadi salah satu cara membuatnya lebih nyaman. Selain itu, Anda juga bisa membuatkan makanan kesukaannya, atau menemaninya menonton tayangan televisi favoritnya.

 

4. Pastikan kebutuhan nutrisi si kecil tetap terpenuhi. Saat sedang sakit, anak memiliki kecenderungan untuk tidak napsu makan. Anda bisa mengakalinya dengan membuatkan makanan kesukaannya, atau menyajikannya dalam porsi kecil-kecil tapi sering. Anda juga bisa membuat tampilan makanan lebih menarik, misalnya dengan menambahkan sayuran warna-warni. Selain makanan, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan asupan cairan si kecil. Pastikan ia minum air yang cukup.

 

5. Sakit bukanlah alasan untuk tidak menjaga higienitas tubuh. Jika anak Anda demam, sebaiknya Anda tidak memandikannya. Cukup dibasuh saja dengan menggunakan waslap atau spons yang sudah direndam air hangat. Tapi, pastikan kebersihan tubuh anak Anda senantiasa terjaga. Jangan sampai penyakitnya semakin bertambah parah, karena tubuhnya kurang bersih.

 

6. Saat si kecil sakit, ia akan menjadi lebih rewel daripada biasanya. Ia mungkin akan merengek atau bahkan merajuk kepada Anda, karena ia merasa bosan tidak bisa bergerak dan bermain sebebas biasanya. Anda perlu membuat suasana yang nyaman dan menyenangkan di ruang tidurnya, agar ia tidak mudah merasa bosan. Anda bisa memutarkan video yang ia sukai, atau membacakannya buku cerita yang menarik, atau mengajaknya bermain. Hanya saja, pastikan ia tidak terlalu banyak bergerak, dan tetap mendapatkan waktu istirahat yang ia butuhkan.

 

7. Pastikan si kecil meminum obatnya sesuai jadwal. Si kecil biasanya akan menolak minum obat, apalagi jika obatnya terasa pahit atau berukuran cukup besar untuk mulut kecilnya. Bantulah ia untuk meminum obatnya secara teratur. Berikan ia pengertian yang bisa ia pahami tentang mengapa ia harus rajin meminum obatnya. Namun, jangan menggunakan paksaan, agar si kecil tidak merasa trauma.

 

8. Jika si kecil sering sakit, pastikan Anda menyimpan obat-obatan umum yang biasa digunakan si kecil. Namun, jangan lantas merasa bisa menjadi “dokter” bagi si kecil. Jika gejala yang dialami si kecil tak kunjung membaik, segera hubungi dokter anak Anda.

 

Salam,

KALBE Store