6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

Entah sudah berapa banyak jurnal medis yang mengangkat manfaat air kelapa sebagai bahan tulisan ilmiahnya. Kelapa memang salah satu buah yang populer, baik di Indonesia maupun di dunia.

Terutama di Indonesia yang beriklim tropis, mudah sekali menemukan pohon kelapa di hampir seluruh penjuru negeri.

 

Buah yang satu ini bisa dibilang buah yang sangat serbaguna. Tidak hanya dagingnya saja yang bisa dimakan, atau dijadikan santan bila sudah masak, hampir semua bagian lainnya pun bisa dimanfaatkan, mulai dari air hingga batoknya.

 

Air kelapa misalnya, sangatlah berguna bagi manusia. Selain rasanya yang segar dan bisa dengan mudah menghilangkan dahaga setelah beraktivitas, air kelapa juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Berikut 6 manfaat air kelapa yang mungkin belum Anda ketahui:

 

1. Sebagai menu diet

Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan berat badan jika mengonsumsinya. Selain itu, air kelapa dapat menjadi sumber energi, karena kandungan karbohidrat sederhananya dapat dicerna tubuh dengan segera.

 

2. Mengatasi keluhan pencernaan

Jika Anda memiliki keluhan pencernaan, seperti mual dan muntah atau diare, minumlah air kelapa. Air kelapa dapat membantu mengurangi gejala, karena tidak menyebabkan mual, kembung dan nyaman dikonsumsi. Air kelapa juga akan membantu mengembalikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang karena masalah pencernaan yang dialami.

 

3. Mencegah dehidrasi

Tahukah Anda, kandungan di dalam air kelapa lebih efektif mencegah dehidrasi daripada minuman isotonik dan minuman energi? Saat beraktivitas berat, misalnya berolahraga, Anda akan kehilangan cairan yang kaya elektrolit. Air kelapa bisa menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang itu, karena mengandung 61 mg kalium dan 1.3 gram gula alami dalam setiap 200 ml-nya, sementara minuman isotonik dan minuman energi hanya mengandung setengah dari kandungan kalium dan 5 kali jumlah pemanis buatan.

 

4. Membantu mengendalikan tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal mengemukakan, hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan konsumsi air kelapa secara rutin menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun. Hal ini memberikan harapan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

 

5. Kaya nutrisi

Dibandingkan dengan minuman ringan lain di pasaran, air kelapa mengandung 5 jenis elektrolit yang esensial bagi tubuh manusia, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Karena kaya dengan nutrisi, air kelapa bisa dinikmati apapun kondisi medis Anda.

 

6. Menghilangkan rasa mabuk akibat alkohol

Rasa pusing akibat mabuk karena berlebihan minum alkohol bisa diredakan dengan meminum air kelapa. Air kelapa tidak terlalu menyebabkan rasa mual atau kembung, jika dibandingkan dengan air putih biasa atau jenis minuman lainnya, sehingga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman karena mabuk alkohol. Air kelapa juga akan menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh setelah muntah atau buang air kecil.

 

Jika Anda kerepotan menemukan buah kelapa, namun tetap ingin merasakan manfaat air kelapa, langsung saja pesan Hydro Coco di KALBE e-Store. Terbuat dari air kelapa asli, Hydro Coco memiliki manfaat nutrisi yang sama dengan air kelapa. Rasanya juga sangat enak dan menyegarkan, pas untuk diminum sebagai pelepas dahaga usai beraktivitas.

 

*) Disarikan dari artikel yang ditulis oleh dr. Jessica Florencia untuk KlikDokter.

 

 

Salam,

KALBE Store