6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

Entah sudah berapa banyak jurnal medis yang mengangkat manfaat air kelapa sebagai bahan tulisan ilmiahnya. Kelapa memang salah satu buah yang populer, baik di Indonesia maupun di dunia. Terutama di Indonesia yang beriklim tropis, mudah sekali menemukan pohon kelapa di hampir seluruh penjuru negeri.

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki kekayaan alam berupa buah kelapa yang cukup mudah ditemukan pada tiap daerah. Apalagi buah dengan bahasa latin cocos nucifera ini tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja, tetapi juga pohon hingga daunnya. Tetapi memang, yang paling terkenal di masyarakat adalah manfaat air kelapa sehingga banyak orang yang mencarinya.

 

Ada dua jenis air kelapa yang memang lebih populer dibanding air kelapa biasa, yaitu air kelapa hijau dan air kelapa muda. Keduanya pun cukup dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti manfaat air kelapa hijau yang dianggap dapat mencegah virus covid-19, dan manfaat air kelapa muda untuk mencegah batu ginjal.

Manfaat Air Kelapa

Menurut USDA (United States Department of Agriculture), dalam 100 ml air kelapa murni mengandung:

 

Energi 19 kcal
Karbohidrat 4,62 gr
Gula 4,23 gr
Kalsium 2,3 mg
Potasium 215 mg
Sodium 13 mg

Dari kandungan nutrisi tersebut, berikut 6 manfaat air kelapa yang bisa Anda dapatkan.

1. Minuman pendukung olahraga

Air kelapa memiliki elektrolit alami yang sangat cocok untuk minuman olahraga tradisional. Apalagi air kelapa yang diminum tanpa tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan. Dalam sebuah penelitian, air kelapa dapat membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan tubuh setelah berolahraga.

 

Namun, air kelapa memiliki kandungan natrium yang lebih sedikit, dibandingkan minuman untuk olahraga lainnya. Selain itu, peneliti lebih menyarankan Anda mengonsumsi air kelapa murni setelah berolahraga, dan menghindari air kelapa dengan tambahan gula agar tidak menambah kalori yang tidak perlu.

 

2. Memiliki manfaat untuk diabetes

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa air kelapa bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan kesehatan pada hewan diabetes. Pengujian ini dilakukan terhadap hewan tikus yang mengalami diabetes lalu diobati dengan air kelapa. Hasilnya air kelapa bisa mempertahankan kadar gula darah pada tikus dengan lebih baik.

 

Memang untuk efek air kelapa terhadap diabetes yang dialami oleh manusia masih perlu dilakukan pengujian lebih lanjut. Tetapi, 3 gram serat dan kandungan karbohidrat dalam 240 ml takaran air kelapa dapat dimasukkan dalam menu makanan diabetesi. Lalu sumber magnesium di dalam air kelapa dapat meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin dan menurunkan kadar gula dalam darah pada pradiabetes serta diabetes tipe 2.

 

3. Dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal

Upaya pencegahan batu ginjal sebenarnya mudah. Anda hanya perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian sesuai dengan kadar yang telah ditetapkan. Meskipun air merupakan pilihan bagus, sebuah penelitian menganjurkan air kelapa sebagai pilihan yang lebih baik. Dalam sebuah penelitian, air kelapa mencegah kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih.

 

Air kelapa yang dikonsumsi juga dapat mengurangi jumlah pembentukan kristal di dalam urin, penyebab batu ginjal. Tetapi studi ini masih perdana, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efek air kelapa terhadap pencegahan batu ginjal.

 

4. Dapat mengurangi tekanan darah

Selanjutnya air kelapa bisa meningkatkan tekanan darah sistolik (jumlah pembacaan dalam pengukuran tekanan darah yang lebih tinggi) Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian pada penderita darah tinggi dengan hasil efektif pada 71% peserta. Selain itu, di dalam air kelapa terkandung kalium yang telah terbukti menurunkan tekanan darah pada tubuh orang sedang darah tinggi atau tekanan darahnya normal. Penelitian lain pada hewan juga menemukan bahwa air kelapa memiliki aktivitas anti-trombotik, atau mencegah penggumpalan darah.

 

5. Menjaga kesehatan tulang, gigi, dan fungsi organ

Air kelapa kalsium dan magnesium yang baik untuk tubuh Anda. Mungkin Anda sudah tahu bahwa kalsium sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tetapi kalsium juga membantu otot untuk berkontraksi serta bekerja lebih baik. Terutama pada saat Anda berolahraga, otot-otot akan menarik tulang serta memecahnya. Untuk memulihkan tubuh, tulang akan menggunakan kalsium untuk memperbaiki serta membuatnya menjadi kuat.

 

Sementara itu, magnesium akan membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot untuk membantu kontraksi serta relaksasi. Magnesium juga membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ. Terutama pada saat Anda melakukan olahraga berat yang dapat membuat tubuh kekurangan magnesium yang menyebabkan kram otot dan kejang.

 

6. Minuman rendah kalori

Manfaat minum air kelapa yang terakhir adalah kalori yang rendah. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, air kelapa bisa menjadi alternatif yang lebih baik dari minuman berkalori tinggi seperti soda atau jus. Sebab dalam 1 cangkir air kelapa, hanya mengandung 45 kalori. Air kelapa juga memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada jus. Belum lagi kandungan mineral dan elektrolit yang lebih banyak seperti natrium dan kalium.

 

Itulah 6 manfaat air kelapa yang mungkin belum Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin segera mendapatkan manfaatnya, bisa kok. Langsung saja pesan Hydro Coco dengan mudah di KALCare. Hydro Coco merupakan minuman air kelapa asli sehingga original, natural, dan menyehatkan. Selain itu, Hydro Coco tidak menggunakan pengawet, pewarna buatan, serta pemanis buatan. Sehingga cocok untuk dikonsumsi setelah lelah beraktivitas, olahraga, puasa, masa penyembuhan penyakit, serta diare.

 

Nikmati promo hemat untuk pembelanjaan Hydro Coco di KALCare serta reward point yang bisa Anda tukarkan dengan berbagai hadiah menarik. Serta dapatkan informasi dan promo menarik khusus Hydro Coco melalui WhatsApp atau Telegram KALCare, atau event menarik dari Instagram dan Facebook KALCare.

Salam,

KALCare

(CM)

Sumber: