5 Tips Persiapan Kehamilan


5 Tips Persiapan Kehamilan

5 Tips Persiapan Kehamilan

Kehamilan adalah sebuah proses yang dinantikan oleh setiap orangtua. Perlu persiapan matang jauh-jauh hari untuk mempersiapkan kehamilan Anda.

 

Untuk merencanakan kehamilan, yang perlu Anda persiapkan adalah kebutuhan nutrisi dan kesehatan tubuh. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda sehari-hari agar tubuh Anda sehat saat persiapan kehamilan. Selain itu, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan kehamilan antara lain:

 

Konsumsi makanan yang mengandung asam folat

Salah satu kebutuhan nutrisi yang perlu dipenuhi saat persiapan kehamilan adalah asam folat. Asam folat bermanfaat untuk perkembangan otak, menyuburkan kandungan dan mengurangi resiko anak mengidap cacat bawaan.

 

Konsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi misalnya sayuran hijau, bit, asparagus dan jagung. Untuk persiapan kehamilan, sebaiknya Anda mengonsumsi asam folat 400mg/hari.

 

Cukupi kebutuhan zat besi

Kekurangan zat besi dalam darah dapat mengakibatkan lesu dan kelelahan yang berdampak pada kesehatan Anda. Untuk menghindari hal tersebut, penuhi kebutuhan zat besi harian. Zat besi juga dapat mencegah anemia yang biasanya dialami oleh ibu hamil.

 

Makanan yang mengandung zat besi tinggi antara lain daging merah, bayam, kacang-kacangan dan kuning telur.

 

Mengurangi kafein, alkohol, dan rokok

Kebiasan mengkonsumsi kafein, alkohol dan rokok sebaiknya Anda hentikan jika sedang mempersiapkan kehamilan. Kafein dapat memperburuk kesehatan Anda sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi saat persiapan kehamilan.

 

Alkohol dan rokok dapat menganggu kesuburan Anda. Oleh karena itu hindari konsumsi alkohol dan rokok saat mempersiapkan kehamilan.

 

Minum susu persiapan kehamilan

Salah satu cara untuk mempersiapkan kehamilan adalah minum susu khusus persiapan kehamilan. Susu persiapan kehamilan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kehamilan misalnya kalsium, asam folat, vitamin dan mineral.

 

Konsumsi susu saat mempersiapkan kehamilan sangat penting karena susu mengandung kalsium tinggi yang dapat mempertahankan kepadatan tulang.

 

Perhatikan asupan makanan

Perhatikan porsi makanan dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Usahakan makanan yang dikonsumsi mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan selama persiapan kehamilan yakni asam folat, kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral yang seimbang.

 

Selain memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, jangan lupa untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum masa kehamilan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store