5 Tips Mempersiapkan Perlengkapan Touring

5 Tips Mempersiapkan Perlengkapan Touring

Tingginya minat masyarakat terhadap kendaraan bermotor membuat komunitas motor semakin berkembang subur di Indonesia. Komunitas motor dibentuk sebagai wadah untuk berbagi informasi dan mempererat tali persaudaraan antarpengendara. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh komunitas motor adalah touring, alias perjalanan bersama. Nah, apa saja perlengkapan touring yang harus dipersiapkan?

 

Tujuan touring dapat ke mana saja, bisa ke gunung atau hanya dari kota ke kota. Tujuan ini biasanya merupakan kesepakatan bersama. Ke mana pun tujuannya, ada perlengkapan touring yang perlu dipersiapkan agar bisa berjalan aman dan lancar. Mau tau apa saja? Simak daftar persiapan sebelum melakukan touring berikut ini.

 

 

 

peralatan yang penting sebelum touring

 

 

 

1. Peralatan dan kelengkapan motor

 

Langkah awal untuk melakukan touring adalah mempersiapkan kelengkapan motor Anda. Yang tidak boleh terlupakan adalah SIM dan STNK. Selain itu, sebaiknya Anda membawa sendiri peralatan khusus, seperti kunci motor yang lengkap. Sebab selama perjalan jauh, tidak menutup kemungkinan untuk terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada motor Anda.

 

2. Kondisi motor

 

Syarat utama sebelum touring adalah mengecek keadaan motor, apakah dalam performa terbaik atau tidak. Dalam touring, mesin motor akan bekerja dalam jangka waktu yang cukup panjang. Untuk itu, Anda disarankan untuk melakukan servis lengkap motor sebelum melakukan touring. Jangan lupa untuk mengecek kondisi rantai, ban, dan gear untuk memastikan motor mampu menempuh perjalanan jauh.

 

3. Kesehatan tubuh

 

Selain mempersiapkan motor, menjaga kesehatan tubuh sebelum touring juga penting lho! Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan penyakit menyerang tubuh Anda. Selain itu cek kesehatan juga memastikan pengemudi tidak membahayakan dan merepotkan pengendara lain.

 

Untuk itu, pengendara juga disarankan untuk membawa obat-obat pribadi. Dan selalu siapkan obat kembung seperti Gazero. Sebab perjalanan dengan terpaan angin yang lama, jadwal makan terlambat, atau udara dingin kerap kali membuat pengendara mengalami kembung akibat masuk angin. Dengan 8 bahan alaminya, Gazero mampu mengatasi perut kembung dan mual selama perjalanan touring. Kemasan Gazero juga sangat praktis sehingga dapat diminum atau diseduh dengan teh di mana saja.

 

 

atasi kembung saat touring dengan Gazero

 

 

4. Perlengkapan berkendara

 

Perlengkapan lain yang perlu dipersiapkan sebelum touring adalah perlengkapan pengendara. Selain helm, bikers juga perlu membawa jaket, sarung tangan, masker dan kacamata hitam. Tambahkan juga tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari serta jas hujan.

 

5. Ikuti arahan dengan baik

 

Touring yang diikuti oleh banyak pengendara tentu memerlukan arahan agar lancar dan tidak terpencar selama perjalanan. Untuk itu, Anda harus mengikuti arahan dari pemimpin tur. Pengendara sepeda motor juga tetap harus patuh terhadap peraturan lalu lintas.

 

Itulah persiapan dan perlengkapan yang perlu dilakukan agar perjalanan touring Anda tetap aman. Selama touring jangan lupa sempatkan waktu untuk beristirahat sejenak. Karena baik motor maupun tubuh Anda tidak dapat diforsir untuk bekerja terus menerus.

 

Touring bikin perut kembung? Gazero-in aja!

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

 

Sumber :

Otomaniac.com

Klikdoter.com (1), (2)

 

 

.