5 Tips Jaga Stamina di Tengah Aktivitas Padat


5 Tips Jaga Stamina di Tengah Aktivitas Padat

5 Tips Jaga Stamina di Tengah Aktivitas Padat

Tubuh yang sehat tak hanya dapat menjauhkan diri dari penyakit, tetapi juga meningkatkan produktivitas. Namun saat aktivitas mulai padat, banyak orang mengabaikan kesehatan tubuhnya, sehingga stamina menurun dan tubuh mudah lelah.

Setiap kegiatan yang dijalani terasa begitu melelahkan.

Lantas bagaimana cara menjaga stamina di tengah aktivitas padat? Berikut beberapa cara untuk meningkatkan stamina:

 

 

pentingnya menjaga stamina saat aktivitas sedang padat

 

 

 

1. Menjaga Pola Makan

 

Menjalani pola makan yang bergizi seimbang menjadi salah satu kunci utama agar tubuh tetap berenergi dan stamina tetap terjaga. Diet kaya akan zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

 

Sumber karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari gandum, beras merah, kentang, dan jagung. Sumber protein hewani seperti ikan, telur, daging, dan produk olahan susu rendah lemak. Sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Sumber vitamin, mineral dan serat bisa didapatkan dari sayur dan buah.

 

Makanan tinggi gula dan tinggi lemak perlu dibatasi karena memiliki kandungan zat gizi rendah. Selain itu, makanan tinggi gula dan lemak juga bisa meningkatkan gula darah dengan cepat lalu menurunkannya kembali, sehingga tubuh mudah lelah.

 

2. Berolahraga secara rutin

 

Berolahraga memang membuat tubuh terasa lelah, tapi olahraga rutin memberikan efek jangka panjang berupa bertambahnya stamina. Olahraga juga dapat menguatkan tulang dan otot, mengurangi stress dan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Olahraga rutin selama 30 menit per hari dapat meningkatkan level energi, kualitas tidur dan fungsi otak. Lakukan olahraga berikut untuk meningkatkan stamina.

  • Olahraga kardio (jogging, bersepeda, lompat tali) selama 30 menit setiap hari.
  • High intensity interval training, atau olahraga intensitas tinggi dalam waktu singkat 2-3 kali setiap minggu.
  • Olahraga angkat beban sebanyak 1-5 kali setiap hari.

 

3. Cukup Istirahat

 

Banyak orang mengorbankan waktu tidur saat aktivitas padat. Bila kurang tidur, stamina tubuh akan menurun. Sebaliknya, tidur cukup sangat penting untuk menjaga performa tubuh. Tidur yang cukup dapat menjaga keseimbangan hormonal, menjaga sistem imunitas tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh. Sebaliknya tidur cukup selama 6-8 jam sehari.

4. Melakukan Meditasi dan Yoga

 

Meditasi dan yoga tidak hanya membuat rileks, tapi juga merupakan salah satu cara meningkatkan stamina. Jika dilakukan secara rutin, kedua aktivitas ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh serta mengurangi stress dan lelah.

5.   Suplementasi

 

Konsumsi suplemen untuk membantu meningkatkan stamina tubuh, karena asupan yang dikonsumsi dalam sehari belum tentu memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh. H2 Cordyceps Militaris dapat menjadi pilihan untuk membantu meningkatkan stamina tubuh karena mengandung Adenosine dan Cordycepin.

 

 

 

jaga stamina denga H2 Cordyceps Militaris

 

 

 

Adenosine merupakan substrat untuk pembentukan ATP yang merupakan penghasil energi pada metabolisme di tubuh. Cordycepin merupakan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. H2 Cordyceps Militaris juga berfungsi meningkatkan energi dan vitalitas serta memperbaiki fungsi paru dan ginjal.

 

Nah, demikian cara menjaga stamina di tengah aktivitas padat. Kuncinya, memilki tubuh dengan stamina yang baik dapat dimulai dari diri sendiri. Yuk ubah kebiasaan menjadi lebih sehat dan jangan lupa konsumsi H2 Cordyceps Militaris!

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com

Ncbi.nlm.nih.gov

Helosehat.com