5 Tanda Tubuh Intoleran Terhadap Gluten

5 Tanda Tubuh Intoleran Terhadap Gluten

Roti, pasta, mie memang sangat enak untuk di makan. Tapi tahukah Anda bahwa makanan tersebut mengandung gluten yang pada sebagian orang dapat menyebabkan masalah kesehatan? 

 

 

 

 

 

 

 

Sebelum membahas lebih jauh, mari ketahui dulu apa itu gluten. Gluten merupakan sebuah protein yang ada pada gandum, biji barley dan gandum hitam. Sebenarnya, jenis bahan makanan ini aman untuk dikonsumsi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya,  bagi sebagian orang yang memiliki intoleran terhadap gluten, mengonsumsinya akan mengalami gangguan kesehatan. Intoleran terhadap gluten dapat terjadi pada semua usia. Beberapa gejala intoleran gluten seperti masalahan pada pencernaan, kemerahan, hidung tersumbat, iritasi mata, hingga kesulitan bernapas. Masih ada lagi tanda tubuh intoleran terhadap gluten yang terjadi, berikut ini.

 

Perut kembung

 

Pada penderita intoleransi gluten, biasanya perut akan terasa kembung dan penuh dengan gas. Walaupun Anda hanya mengonsumsi dalam jumlah sedikit, biasanya akan tetap merasakan kembung. Hentikan mengonsumsi jika Anda merasakan perut kembung saat memakan bahan olahan mengandung gluten.

 

Diare, mual dan sembelit

 

Penderita intoleran gluten selain mengalami gejala diare, mual dan sembelit juga membuat kerusakan pada lapisan usus. Akibatnya, penyerapan nutrisi yang Anda konsumsi menjadi tidak maksimal. Bukan hanya itu, feses yang dihasilkan tubuh Anda juga biasanya akan berwarna pucat dan beraroma tidak sedap.

 

Sakit perut

 

Gejala intoleran gluten selanjutnya adalah sakit perut yang muncul setelah mengonsumsi.Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hentikan juga mengonsumsi makanan yang mengandung gluten jika terjadi gejala ini.

 

Sakit kepala

 

Menurut penelitian, fakta menunjukkan bahwa orang yang mengalami intoleran gluten akan lebih rentan terkena migrain dan sakit kepala. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati apabila sering mengalami migrain tanpa penyebab yang jelas. Hal ini bisa menandakan Anda sensitif terhadap gluten dan produk sejenisnya.

 

Intoleran gluten yang parah menyebabkan celiac

 

Celiac merupakan autoimun yang terjadi akibat mengonsumsi gluten. Pada penyakit ini, sistem kekebalan tubuh akan memberikan reaksi setelah mengonsumsi gluten. Reaksinya dapat merusak lapisan usus halus dan menghambat penyerapan nutrisi (malabsorbsi nutrisi). Hal ini menyebabkan penderitanya mengalami kelainan kulit, malnutrisi, anemia defisiensi besi, penurunan berat badan, kerontokan rambut, dan kelainan saraf. Selain itu,  juga dapat menyebabkan kelainan fungsi hati, nyeri sendi, karies gigi, tubuh terasa lemas, nyeri sendi, kelainan saraf, dan penurunan kesadaran.

 

Itu dia tanda tubuh intoleran terhadap gluten. Oleh karena itu, sangat  penting untuk mengetahui tanda intoleran terhadap gluten pada tubuh Anda. Apabila merasakan gejala di atas, maka Anda perlu mencari alternatif bahan makanan yang mengandung gluten free atau bebas gluten. Jangan khawatir, ada H2 Food yang bisa menjadi alternatif bahan makanan Anda. Karena H2 Tepung Kelapa dan H2 Tepung Melinjo tidak mengandung gluten dan tinggi serat fiber sehingga baik untuk kesehatan jantung dan rendah kalori. H2 Tepung Kelapa dan H2 Tepung Melinjo juga sangat baik bagi penderita celiac dan diabetes. 

 

 

 

 

 

 

Yuk, langsung saja dibeli H2 Tepung Kelapa dan H2 Tepung Melinjo di sini. Anda juga bisa membeli makanan sehat lebih hemat & mudah di KALBE Store. Karena KALBE Store menjual makanan sehat untuk anak & dewasa online berkualitas

 

Salam,

 

KALBE Store

 

Sumber:

liputan6.com