5 Rekomendasi Jus Buah yang Aman Bagi Penderita Maag

5 Rekomendasi Jus Buah yang Aman Bagi Penderita Maag

Bagi penderita maag, menjaga pola makan memang harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan lambung. Sebab jika salah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, malah membuat asam lambung menjadi naik. Akibatnya, rasa mual, kembung, nyeri pada ulu hati tidak dapat dihindari karena sakit maag.

 

ketahui jus yang aman bagi penderita maag

 

Maag merupakan penyakit yang ditimbulkan karena produksi asam lambung yang tidak terkontrol. Kondisi ini dapat terjadi karena bakteri, kebiasaan hidup dan pola makan yang tidak teratur, serta tingkat stres yang tinggi. Pemilihan makanan yang sesuai juga diperlukan saat penderita maag hendak mengonsumsi buah. Walaupun buah merupakan makanan yang sehat, ada beberapa jenis buah yang tidak direkomendasikan bagi penderita maag. Misalnya seperti buah non-citrus fruit atau buah-buahan yang tidak bersifat asam agar tidak menimbulkan sakit maag. Selain itu berikut ini ada beberapa jenis buah yang bisa Anda konsumsi dalam bentuk jus dan aman bagi lambung.

 

1. Jambu biji

Jus buah pertama yang baik untuk penderita maag adalah jambu biji. Jambu biji dapat menjaga lambung agar tetap sehat karena menjaga saluran pencernaan. Di dalam jambu biji terdapat serat yang baik untuk tubuh, yaitu serat pektin atau serat yang larut air. Selain baik untuk menjaga kinerja lambung, serat juga dapat meningkatkan massa feses dan mencegah Anda dari penyakit saluran pencernaan, seperti diare. Anda bisa mengonsumsi jus buah jambu biji alami secara mudah melalui Love Juice Guava dengan membeli di sini.

 

jus buah jambu yang aman bagi penderita maag

 

2. Apel

Apel termasuk sebagai buah yang baik dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Apel memiliki kandungan yang kaya akan serat, sumber kalsium, magnesium, serta kalium yang baik bagi tubuh. Semua kandungan nutrisi di dalam buah apel ini ternyata dapat membantu meredakan gejala maag yang muncul. Tetapi, untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu memilih jenis apel yang sesuai. Sebab ada beberapa jenis apel yang memiliki rasa masam dan malah dapat memicu kenaikan asam lambung. Lebih baik pilihlah apel yang berwarna merah dan matang untuk di jus agar aman untuk mencegah kambuhnya gejala maag. Jika Anda ingin lebih mudah, Anda bisa mengonsumsi Love Juice Apel yang bisa didapatkan dengan mudah di sini.

 

jus apel aman dikonsumsi oleh penderita maag

 

3. Pisang

Buah selanjutnya yang bisa Anda jus dan aman bagi lambung adalah pisang. Buah yang satu ini memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah, yaitu sekitar 4,5-5,2 pH. Selain itu, mengonsumsi buah pisang dipercaya dapat membantu menetralisasi asam lambung dan meringankan gejala maag. Tekstur yang halus dan gampang lumat membuat buah pisang dapat memulihkan fungsi lambung. Selain itu, buah pisang yang masuk ke dalam kerongkongan dapat membuat lapisan pelindung yang mampu mencegah kemungkinan terjadinya iritasi akibat asam lambung yang naik. Kandungan serat yang tinggi pada buah pisang juga dapat mencegah masalah pada organ pencernaan bagi penderita asam lambung.

 

4. Melon

Selain buah pisang, buah melon juga termasuk memiliki sifat keasaman yang cukup rendah. Sebab di dalam buah melon terdapat mineral magnesium yang merupakan kandungan utama dalam obat antasida untuk meredakan gejala maag. Kandungan mineral dan vitamin di dalam buah melon juga aman bagi penderita asam lambung.

 

5. Pepaya

Jus buah terakhir yang dapat dikonsumsi oleh penderita maag adalah buah pepaya. Buah yang satu ini memiliki kandungan enzim papain di dalamnya. Papain merupakan enzim protease yang dihasilkan oleh getah pepaya. Enzim papain memiliki fungsi untuk melancarkan proses pencernaan dan memudahkan proses penguraian protein. Maka dari itu, protein akan lebih mudah dipecah menjadi asam amino yang bermanfaat bagi tubuh.

 

Itulah 5 jus buah yang aman bagi penderita maag. Sebaiknya Anda juga mengubah gaya hidup menjadi sehat, agar penyakit maag tidak mudah kambuh. Misalnya seperti berhenti merokok, tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan, dan menghindari makanan pencuci mulut yang tinggi lemak seperti cokelat.

 

Selain itu, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi obat Anda jika maag sedang kambuh. Yuk, jaga kesehatan organ lambung Anda agar terhindar dari sakit maag. Bila perlu, Anda dapat menyediakan berbagai produk kesehatan yang aman bagi lambung. Seperti menyediakan Love Juice Guava dan Love Juice Apel sebagai minuman buah yang aman bagi kesehatan lambung, dan bisa Anda dapatkan dengan mudah di KALCare.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/24/183940820/terbukti-aman-ini-daftar-buah-untuk-asam-lambung?page=all