5 Rekomendasi Bahan MPASI Pertama untuk Nutrisi Balita

5 Rekomendasi Bahan MPASI Pertama untuk Nutrisi Balita

Menjelang usia 6 bulan, biasanya ibu akan mulai bersiap untuk memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Tidak jarang kondisi ini membuat ibu bingung untuk memberikan jenis makanan apa pada Si Kecil. Apakah harus memberikan sayur, buah, atau jenis makanan lain untuk bahan MPASI pertama demi nutrisi balita.

 

Sebenarnya, ibu tidak perlu bingung memilih bahan untuk mengolah MPASI. Sebab para ahli mengatakan bahwa memperkenalkan bayi dengan jenis makanan dalam urutan tertentu tidak memberikan keuntungan. Malah sebaiknya ibu memperkenalkan makanan satu per satu, dan menunggu kurang lebih 3 hari sebelum mencoba makanan baru yang lainnya. Tujuannya untuk memeriksa reaksi bayi terhadap makanan ataupun reaksi alergi dari makanan tersebut.

 

Lalu jenis makanan apa yang bisa ibu olah sebagai MPASI pertama Si Kecil? Tenang, berikut ini ada 5 makanan favorit pertama yang direkomendasikan sebagai MPASI bagi si buah hati. Yuk Fams, langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

1. Alpukat

 

buat MPASI pertama si kecil dengan menggunakan alpukat

 

Buah yang satu ini ternyata menjadi daftar pertama makanan favorit untuk MPASI perdana Si Kecil. Menurut seorang ibu dari BabyCenter, Brittany, alpukat merupakan buah yang luar biasa untuk bayi. Sebab alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin, dan serat.

 

Dalam proses pengolahannya menjadi MPASI, pilihlah buah alpukat yang sudah matang. Biasanya buah yang sudah matang ditandai dengan daging buah yang agak keras, tetapi saat ditekan, memiliki tekstur yang lembut. Potong buah alpukat menjadi dua bagian, buang bijinya, dan keluarkan dagingnya. Haluskan buah alpukat menggunakan blender atau pengolah makanan hingga halus. Kemudian encerkan alpukat yang sudah dihaluskan dengan ASI, susu formula, atau air secukupnya. Nah, jika Si Kecil sudah siap mengonsumsi makanan dengan tekstur yang berbeda, Anda dapat menghaluskan alpukat hanya dengan menggunakan garpu.

 

2. Pisang

 

buat MPASI pertama dengan menggunakan bahan pisang

 

Bahan MPASI selanjutnya adalah buah pisang. Buah berwarna kuning ini banyak dipilih sebagai bahan MPASI karena tekstur yang lembut dan mudah untuk dihaluskan. Buah memang rata-rata memiliki rasa yang manis, tidak terkecuali buah pisang. Sehingga memberikan pisang sebagai MPASI pertama sangat cocok bahkan disukai oleh bayi.

 

Mengolah pisang menjadi MPASI cukup mudah. Pilihlah pisang yang masih keras tetapi sudah matang. Kupas pisang, lalu blender hingga halus, dan encerkan dengan menambahkan ASI, susu formula, atau air secukupnya. Perlu Anda ketahui, pada beberapa anak pisang dapat menyebabkan masalah pencernaan berupa sembelit. Untuk itu sebelum memberikan MPASI pisang, Anda perlu melakukan percobaan terlebih dahulu, dengan memberikan MPASI dalam porsi yang sedikit.

 

3. Ubi jalar

 

ubi jalar untuk bahan MPASI pertama Si Kecil

 

Ubi jalar memiliki rasa yang sangat manis. Itulah yang membuat ubi jalar cocok untuk dijadikan MPASI pertama bagi Si Kecil. Selain itu, ubi jalar juga kaya akan vitamin, dan antioksidan. Kupas ubi jalar, cuci bersih, kemudian masak. Anda bisa memasak ubi jalar dengan mengukus atau memanggang. Biarkan dingin, lalu haluskan ubi jalar dan campurkan dengan ASI, susu formula, atau air secukupnya. MPASI ubi jalar siap untuk diberikan kepada Si Kecil.

 

4. Pir

 

buah pir untuk MPASI pertama balita

 

Selanjutnya ada buah pir. Buah yang satu ini tidak hanya memiliki rasa yang manis, tetapi mudah untuk dimakan. Bahkan dokter menganjurkan pir sebagai MPASI karena dapat membantu mengatasi sembelit pada anak. Untuk dijadikan MPASI pertama, Anda dapat memasak pir terlebih dahulu dengan cara dipanggang atau dikukus agar benar-benar empuk. Jangan lupa untuk mengupas kulit pir. Lalu haluskan dan campur dengan ASI, susu formula, atau air secukupnya.

 

5. Kacang polong

 

kacang polong untuk MPASI pertama Si Kecil

 

Rekomendasi bahan MPASI pertama untuk nutrisi Si Kecil adalah kacang polong. Menjadikan kacang polong sebagai bahan MPASI sangat direkomendasikan sebelum Anda mencoba memberikan kacang hijau kepada Si Kecil. Anda perlu mengukus kacang polong terlebih dahulu. Kemudian haluskan dengan menggunakan blender dan encerkan dengan ASI, susu formula, atau air. Oya, Anda perlu blender kacang polong lebih lama untuk memastikan teksturnya benar-benar halus. Terutama pada saat pertama kali menyajikan kacang polong sebagai MPASI.

 

Jadi, sudah tidak bingung kan memilih bahan untuk membuat MPASI perdana? Yuk langsung saja coba dibuat di rumah untuk bantu penuhi nutrisi Si Kecil ya Fams! Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat MPASI, tenang saja. Ada Milna, ahlinya makanan berkualitas bagi bayi. Ada Milna Bubur Bayi rasa pisang lho yang bisa Anda berikan untuk MPASI pertama Si Kecil. Milna Bubur Bayi tinggi akan protein, serat, kalsium, omega 3 dan 6, zink, serta mengandung 15 vitamin dan 8 mineral. Dengan nutrisi tersebut, Milna Bubur Bayi dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi, serta mendukung perkembangan otak anak. Segera dapatkan Milna Bubur Bayi untuk MPASI pertama Si Kecil hanya di sini. Tersedia varian rasa Milna lainnya yang tentunya tidak kalah nikmat dan bernutrisi untuk Si Kecil, hanya di KALCare.

 

berikan MPASI Milna untuk makan perdana Si Kecil

 

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/favorite-first-foods-for-babies_10403314